Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL - Sebagai organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan masyarakat. Nilai kemanusiaan yang tinggi mencerminkan PMI merupakan organisasi yang selalu mengajak masyarakat mengedepankan kepedulian sosial kepada sesama.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono saat memimpin apel HUT PMI ke 78 Tahun 2023 PMI Kota Tegal "Menolong Sepenuh Hati" di Lapangan Tegal Selatan, Selasa (19/9/2023). Menurutnya, dalam mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan, PMI tidak bisa berjalan sendiri namun perlu dukungan berbagai pihak. Termasuk masyarakat harus turut andli dalam membantu dan bahu membahu untuk menjaga gerakan kemanusiaan.

Ditegaskan Wali Kota Tegal, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan, PMI menjalankan berbagai kegiatan kepalangmerahan. Diantaranya penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, penanganan masalah kesehatan, sosial, serta pendidikan dan pelatihan dalam rangka pembinaan generasi muda dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

PMI juga harus mempunyai integritas, kompetensi, dan jiwa semangat juang kemanusiaan guna memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Hal tersebut selaras dengan tema HUT PMI yakni "Menolong Sepenuh Hati". "PMI disetiap tingkatan diharapkan terus mengedepankan kegiatan yang berfokus pada layanan masyarakat dan terus menebar kebaikan atau manfaat," kata Wali Kota Tegal.

Peningkatan layanan PMI semata-mata bertujuan agar pelayanan yang diberikan dapat dilakukan lebih tepat sasaran, efisien dan efektif. Pemerintah Kota Tegal akan selalu mendukung dan mendampingi PMI dalam setiap kegiatan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat. "Saya mewakili Pemerintah Kota Tegal memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PMI Kota Tegal yang selama ini dengan tulus ikhlas mengulurkan tangan dan menjadi garda terdepan membantu tanpa pamrih," ujar Dedy Yon.

Ketua PMI Kota Tegal drg Agus Dwi dalam laporannya menyebutkan bahwa apel peringatan HUT PMI ke 78 bertujuan untuk meneguhkan amanat UU Nomor 1 Tahun 2018, yakni sebagai organisasi kemanusiaan yang membantu pemerintah dan menolong masyarakat sesuai dengan 7 prinsip Palang Merah Indonesia.

Selain apel, kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PMI yaitu malam tasyakuran, orientasi tanggap bencana bagi relawan, dan pemberian penghargaan kepada pendonor darah sukarela 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali dan 100 kali dan penghargaan pengerahan donor darah sukarela.

Kemudian pembentukan paguyuban donor darah sukarela Kota Tegal dan pemberian penghargaan kepada Adelia Novitri Susanto berhasil meraih peringkat 1 Jumbara PMR Nasional.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan usai apel HUT PMI ke 78, yang diberikan secara bergiliran oleh Forkopimda, Pj Sekda Kota Tegal, dan Wali Kota Tegal.

Top