Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal Kota _ Tilang manual kembali diberlakukan Polres Tegal Kota setelah sebelumnya menggunakan Sistem Tilang Elektronik (ETLE). Hal ini sesuai dengan pernyataan Kasat Lantas Polres Tegal Kota, AKP Mustakim, Rabu(18/1/2023).

Menurutnya, tilang manual diberlakukan sebagai pelengkap tilang elektronik yang sampai saat ini masih berjalan.
"Harus diberlakukan kembali penegasan tentang aturan-aturan yang wajib dipatuhi para pengendara. Terhitung mulai Januari memang sudah diberlakukan untuk tilang manual, namun ETLE tetap diberlakukan juga" ujarnya.

Ada 7 point penindakan tilang manual, diantaranya balapan liar, muatan berlebih (overload), kendaraan yang tidak dilengkapi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), kendaraan yang tidak sesuai standar seperti kendaraan tanpa spion dan menggunakan knalpot brong.
Selain itu pengguna kendaraan yang tidak menggunakan helm, pelanggaran rambu-rambu, marka atau melawan arus, dan pengendara dibawah umur juga termasuk tindakan yang dapat dikenai tilang manual.

"Jika ditilang, nanti dimintai keterangan seperti STNK, SIM, untuk ditahan salah satunya, dan diselesaikan dengan proses sidang seperti biasanya" ujar Kasat Lantas.

AKP Mustakim menjelaskan, diberlakukannya kembali tilang manual merupakan tindak lanjut dari kegiatan Analisis dan Evaluasi (Anev) di tahun 2022 pada Desember lalu, tentang pelaksanaan kegiatan Penegakan Hukum Lalu Lintas (Gakkum Lantas) di Jalan Raya. Anev laka lantas tahun 2021 dibanding tahun 2022, sejak diberlakukannya ETLE terjadi peningkatan kejadian fatal hingga 37%.
Korban meninggal dunia mencapai 14%, Luka Berat 14%, Luka Ringan 39%.

Kasat Lantas berharap, dengan pemberlakuan tilang manual akan semakin menyadarkan pengendara kendaraan bermotor untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Top