Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

WhatsApp Image 2023-01-13 at 07.41.52Tegal Kota_Pemerintah Kota Tegal dan seluruh masyarakat Kota Tegal mendukung dan menyambut baik pembentukan komponen cadangan Mitra udara. Hal ini diungkapkan Pj. Sekda Kota Tegal Sri Primawati Indraswari saat membuka sosialisasi pembentukan komponen cadangan mitra udara tahun 2023 yang berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Kamis (12/01/23).

Menurut Prima warga kota Tegal bisa ikut serta berperan aktif dalam menjaga keamanan karena tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela negara sebagai upaya menjaga kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia terhadap berbagai bentuk. "Saya mewakili pemerintah Kota Tegal dan seluruh masyarakat Kota Tegal mendukung dan menyambut baik pembentukan komponen cadangan Mitra udara. Kami merasa bangga dan terhormat jika warga Kota Tegal bisa ikut serta berperan aktif dalam menjaga keamanan" ungkap Prima.

Masyarakat harus berperan aktif dalam mensukseskan pembentukan komponen cadangan Mitra Udara. Melalui sosialisasi pemerintah Kota Tegal berharap bisa terbentuk komponen cadangan mitra udara yang solid berdedikasi dan berkompeten dalam mendukung peran TNI Angkatan Udara Indonesia menjalankan perannya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

"Perlu saya tekankan rekrutmen komponen cadangan ini tidak sama dengan wajib militer yang berlaku di negara-negara lain seperti Thailand dan Korea Selatan komponen personil komponen cadangan ini merupakan sukarelawan yang bersedia mengikuti proses seleksi komponen cadangan dengan kesadaran sendiri dan tanpa paksaan berbeda dengan wajib militer yang merupakan suatu keharusan dan merupakan kewajiban bagi seluruh warga negara khususnya laki-laki yang telah mencapai usia tertentu karena itu saya melihat para sukarelawan yang bersedia menjadi personil komponen cadangan ini bisa dijadikan sebagai panutan dan contoh bagi masyarakat kita dalam membangkitkan semangat bela negara khususnya bagi generasi muda kita yang nantinya mewarisi perjuangan pembangunan bangsa ini" kata Prima.

Sementara itu Perwira Pembantu Utama 1/ren Spordirga, Kolonel Penerbang Nana Resmana menyatakan pembentukan komponen cadangan berasal dari warga negara melalui proses pendaftaran seleksi pelatihan dasar kemiliteran. "Penetapan komponen cadangan bukan merupakan program wajib militer tetapi sebuah pasukan cadangan militer yaitu sebagai anggota komponen cadangan dimana setiap warga negara yang berusia 18 sampai dengan 35 tahun, terpanggil untuk bergabung secara sukarela melalui seleksi yang telah ditetapkan program komponen cadangan terbuka untuk seluruh warga negara Republik Indonesia dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikannya guna terwujudnya kesamaan persepsi kemudian pola pikir Pola sikap dan pola pindah" kata Nana.

Untuk berjalan secara maksimal maka dipandang perlu dilaksanakan sosialisasi pembentukan komponen cadangan mitra udara sebagai bahan untuk merencanakan mengkaji merumuskan dan menyusun kebijakan yang berkaitan dengan penyiapan pendaftaran dan seleksi komponen cadangan mitra udara melalui pendaftaran dan administrasi seleksi latihan dasar kemiliteran penetapan pembinaan dan mobilisasi komponen cadangan serta mengawasi mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaannya.


Pendaftaran dilakukan secara online melalui web komcad: komcad.kemhan.go.id atau melalui Whatsapp 089619370020
Kotama Satuan yang melaksanakan seleksi administratif: Kodam I/BB, Kodam IX/UDY, Kodam XIII/MDK, Jajaran Lanal seluruh Pulau Jawa, Jajaran Lanud seluruh Pulau Jawa

Pendaftaran secara online melampirkan Surat Lamaran, KTP, KK, SKCK, Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa, Ijazah pendidikan terakhir, Surat Keterangan Sehat, Riwayat hidup, Surat pernyataan bersedia mengikuti latihan dasar kemiliteran, Surat izin dari instansi/perusahaan/kampus, Surat izin orang tua atau istri, Foto diri ukuran 4x6 latar belakang merah.

 

Top