Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Musim penghujan kali ini kerap disertai dengan kondisi ekstrim seperti angin kencang dan petir. Bahkan, sebuah pohon besar di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, beberapa waktu lalu tumbang.

Untuk memberikan rasa aman kepada warga, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal, rutin melakukan pemantauan pohon-pohon yang ada di pinggir-pinggir jalan.

Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati DLH Kota Tegal, Maman Suherman saat mengisi Sapa Pagi di Radio Sebayu FM mengatakan, terkait dengan cuaca ekstrim, yakni hujan yang disertai angin kencang ataupun petir, selalu dilakukan pemantauan rutin terhadap pohon-pohon yang ada di Jalan Raya maupun Jalan Protokol.

Perambasan ataupun penebangan dilakukan selalu untuk pohon yang dianggap membahayakan. Seperti yang sudah tua, lapuk dan rapuh, ataupun mengenai kabel dan tiang listrik.

"Perambasan secara rutin dan setiap hari dilakukan oleh petugas, dibawah komando mandor. Mengingat kerap turun hujan dengan angin kencang. Kami juga siap siaga 24 jam," kata Maman.

Selain dari pemantauan langsung, menurut Maman, juga meminta informasi maupun laporan dari warga manakala menjumpak pohon yang sudah tua atau lapuk.

Permintaan bantuan perambasan ataupun penebangan bisa disampaikan warga dengan melalui surat. Warga juga bisa melampirkan foto terlebih dahulu dan mengirimkan lokasinya, untuk memudahkan petugas datang ke lokasi.

Dijelaskan Maman, surat yang diajukan warga akan menjadi dasar untuk melakukan penebangan atau perambasan. Sebab, tidak semua pohon merupakan aset milik Pemerintah Kota Tegal, karena ada beberapa pohon-pohon yang ditanam dan berada di kawasan pihak lain.

Sementara untuk kondisi darurat, dan memerlukan penanganan cepat, warga bisa menghubungi 08156545068 atau 085640308373.

Selain dikerjakan oleh petugas dari DLH, juga kerap dibantu dan berkoordinasi dengan BPBD Kota Tegal.

Maman menegaskan, bahwa perambasan dan penebangan tanpa ditarik biaya alias gratis. Akan terapi ada pula pihak rekanan yang siap membantu penebangan, namun biasanya berbayar.

Maman berharap, dengan upaya DLH melakukan pemantauan pohon secara rutin, dapat mewujudkan kondisi aman, khususnya bagi para pengguna jalan.

Top