Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal Kota_Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal melantik 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam acara Pelantikan dan Pembekalan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum Tahun 2024, di Ruang Pertemuan Lantai 2 Bahari Inn, Rabu (4/1/2023).

Pada pelantikan tersebut, dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal mewakili Wali Kota, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni mengatakan, 20 anggota PPK tersebut terdiri dari 15 pria dan 5 wanita. Mereka akan ditempatkan di empat kecamatan yang ada di Kota Tegal.

Menurut Elvy, proses perekrutan PPK dimulai pada 20 November sampai dengan 11 Desember 2022, dengan berbagai tahapannya. Mulai seleksi administrasi, tes ujian melalui Computer Assisted Test (CAT) hingga tes wawancara.

Elvy mengingatkan, bahwa pada pelantikan PPK, dan janji yang telah diucapkan harus bisa dipertanggungjawabkan, karena sumpah dan janjinya kepada Tuhan YME.

PPK juga harus bisa bekerja secara profesional, independen dan berintegritas. PPK harus selalu berkoordinasi dengan unsur terkait, seperti Muspika di wilayah kecamatan masing-masing.

Elvy menyampaikan, bahwa tugas dalam penyelenggaraan pemilu tidaklah mudah. Untuk itu PPK harus memahami kondisi di lapangan, sehingga diharapkan semua tahapan menjelang pemilu dapat berjalan aman dan lancar, dan saat pelaksanaan pemilu nanti, bisa berlangsung secara demokratis berdasarkan azas langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Sementara Pj Sekda kota Tegal Dr dr Sri Primawati mewakili Wali Kota Tegal memberikan ucapan selamat kepada anggota PPK yang baru saja dilantik.

Menurutnya, pesta demokrasi atau pemilu diadakan 5 tahun sekali, oleh karenanya tugas PPK sangat penting untuk mengawal semua tahapan agar berjalan tertib dan sesuai aturan.

Ia berpesan, PPK harus mampu bekerja sama dan bekerja secara profesional. Sehingga diharapkan selalu terwujud suasana kondusif baik sebelum pelaksanaan, ataupun setelah dilaksanakannya pemilu.

Top