Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

WhatsApp Image 2022-12-12 at 09.49.17Tegal Kota_Sekda Kota Tegal Sri Prima Indraswari meminta agar seluruh kepala organisasi perangkat daerah lebih intens dalam melakukan penguatan pendampingan konsolidasi dan koordinasi secara berkelanjutan tentunya dalam upaya pemberantasan korupsi di kota Tegal. Hal ini diungkapkan Sekda Kota Tegal saat membuka Peringatan Hari Anti Korupsi di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Senin (12/12/22).

Korupsi adalah kejahatan luar biasa karena berpotensi dilakukan semua orang dan rentan terjadi sehingga kerugian yang ditimbulkan besar dan luas dilakukan secara terorganik terorganisir atau oleh organisasi. "Korupsi adalah perbuatan yang melawan hukum menyalahgunakan kewenangan publik baik oleh pemerintah atau swasta yang merugikan negara dan masyarakat demi mengumpulkan keuntungan pribadi atau orang lain" tegas Prima.

Sejak tahun 2004, KPK telah berhasil mengungkap kasus korupsi yang merugikan keuangan negara senilai 168 Triliun Rupiah nilai tersebut setara dengan nilai uang yang dapat digunakan untuk membangun 1946 Sekolah Dasar dengan kualitas dan fasilitas terbaik. Nilai uang tersebut juga bisa untuk memenuhi kebutuhan 33,6 juta jiwa penduduk Indonesia.

"Bukan hanya menimbulkan biaya eksplisit yaitu sejumlah uang kerugian negara korupsi juga menimbulkan biaya implisit yaitu beban sosial yang harus ditanggung masyarakat. Untuk Tahun ini tema peringatan Hari Anti Korupsi yakni Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi" ujar Prima.

Sekda Kota Tegal Sri Primawati Indraswari hadir mewakili Wali Kota Tegal mendorong agar semua organisasi perangkat daerah dapat meningkatkan transparansi akuntabilitas melakukan penyederhanaan proses kerja dan proses pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalkan peluang korupsi sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat" kata Prima

Dihadapan kurang lebih 300 pelajar, prima menyatakan penanaman semangat dan nilai-nilai anti korupsi harus dimulai dari diri sendiri mungkin sejak di sekolah nilai-nilai Anti Korupsi bisa ditanamkan kepada anak-anak dengan menerapkannya dikehidupan sehari-hari serta dengan memberikan contoh dan menjadi panutan yang baik bagi anak-anak agar mereka memiliki jiwa dan mentalitas anti korupsi. Pendidikan anti korupsi harus diperluas untuk melahirkan Generasi masa depan yang anti korupsi mengembangkan budaya anti korupsi dan menumbuhkan rasa malu menikmati hasil korupsi merupakan akar yang penting dalam pencegahan tindak pidana kursi.

Prima berharap semangat anti korupsi hendaknya senantiasa dijaga dalam suasana peringatan Hari Anti Korupsi. Semua harus punya komitmen anti korupsi serta membulatkan tekad dan menegakkan aturan untuk memberantas tindakan produksi.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kota Tegal, Imam Badarudin dalam laporannya menyampaikan ada 300 peserta yang hadir diperingatan Hari Anti karupsi ini yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA/MA/SMK swasta dan negeri ke kota Tegal.

Top