Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Selain memiliki obyek wisata pantai, kini di Kota Tegal juga telah memiliki Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Perpustakaan Umum Berbasis Digital di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Berada di sebelah barat tak jauh dari loket masuk PAI di Jalan Sangir, para pengunjung bisa memanfaatkan perpustakaan yang ada di sana.

Launching TBM dan Perpustakaan Umum Berbasis Digital tersebut dilaksanakan, Jumat (9/9/2022) oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, dihadiri pula Kapolres Tegal Kota, Plt. Sekda Kota Tegal, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Diporapar) Kota Tegal dan Budayawan Atmo Tan Sidik.

Bahkan turut hadir pula pada launching TBM dan perpustakaan yang menjadi dambaan warga pesisir Tegal tersebut, Pustakawan Ahli Utama Nelwaty, SS.,M.Si.

Dalam sambutannya Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, bahwa perpustakaan maupun Taman Bacaan Masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Sebab dengan membaca maka banyak ilmu yang didapat.

“Ilmu itu harus dimiliki setiap orang, jangan sampai di Kota Tegal ada orang yang masih buta aksara ataupun anak-anak putus sekolah,” tegas Dedy Yon.

Wali Kota berharap apa yang sudah diresmikan jangan hanya sekedar simbolis saja, namun harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, termasuk TBM yang ada di terminal. Sehingga apa yang sudah diwujudkan, bisa menjadi wadah untuk menjembatani warga yang ingin sekolah ataupun mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikannya.

Wali Kota juga meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal untuk terus mendata warga usia 16-60 tahun yang belum sekolah, agar bisa mendapatkan pendidikan layak. Upaya tersebut agar Pemerintah Kota Tegal selalu mencetak generasi muda yang lebih cerdas, untuk bekal dimasa yang akan datang.

Sementara Pengelola TBM dan Perpustakaan Umum Berbasis Digital Sakila Kerti Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal Dr Yusqon mengatakan bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasional secara resmi TBM dan Perpustakaan Umum Berbasis Digital diresmikan. Hal tersebut untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk gemar membaca, sekaligus menjembatani mereka yakni warga pesisir untuk tetap mendapatkan pendidikan melalui RA-PAUD yang ada di dalamnya.

Dijelaskan Yusqon, untuk perpustakan berbasis digital akan diterapkan untuk lebih memudahkan masyarakat pesisir dalam mengakses buku-buku bacaan.

“Jadi meskipun sudah berada di rumah, mereka tetap bisa membaca buku melalui perpustakaan digital,” jelas Yusqon.

Selain hal tersebut, di TBM-Sekolah Pesisir juga banyak hal yang bisa didapat, seperti ketrampilan bercocok tanam dengan hidroponik, belajar membuat minuman berbahan kopi, dan bisa pula untuk tempat penampilan seni.

Launching ditandai dengan penandatanganan oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Pustakawan Ahli Utama Nelwaty. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita.(Dhanu)

Top