Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Aksi vandalisme dengan mencoret-coret tembok di beberapa titik di Kota Tegal menjadi perhatian Pemerintah Kota Tegal (Pemkot Tegal). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, merespon dengan mengadakan lomba mural, yang dibuka langsung oleh Wali Kota Tegal, Jum’at (26/8/2022), di Halaman Lawang Satus Kota Tegal.

Aksi vandalisme di sudut-sudut Kota Tegal seringkali digunakan dengan mencoret-coret gambar atau kata-kata yang tidak senonoh atau kurang enak dipandang mata.

Wali Kota menyampaikan bahwa lomba mural yang diselenggarakan ini merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan di tembok-tembok kosong yang membentang di penjuru Kota Tegal, agar tembok-tembok tersebut dapat terlihat lebih cantik, indah dan enak dipandang mata.

“Lomba mural yang kita akan mulai hari ini merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan di tembok-tembok kosong yang membentang di penjuru Kota Tegal agar tembok-tembok tersebut dapat terlihat lebih cantik, indah dan enak dipandang mata,” ujar Wali Kota Tegal.

Ia menyampaikan, aksi vandalisme terutama di sekitar Taman Pancasila dan Stasiun Kota Tegal yang sering kali dikunjungi dan menjadi tujuan wisata pendatang dari luar Kota Tegal.

Dedy Yon menuturkan selain untuk mempercantik wajah Kota Tegal, tujuan lain diadakannya lomba mural ini adalah sebagai bentuk penyaluran kreatifitas dari para peserta lomba yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.

Kedepannya Wali Kota berharap lomba mural seperti ini bisa dilaksanakan di bagian-bagian lain di Kota Tegal. Dengan Kota Tegal yang penuh mural, tentunya akan mencegah aksi vandalisme, mempercantik wajah Kota Tegal, dan sekaligus menyalurkan ide dan bakat kreatif anak-anak muda Kota Tegal.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi menyampaikan bahwa, animo peserta lomba cukup banyak, hal ini ditandai dengan banyaknya peserta dari luar Kota Tegal.

Lomba dibagi ke dalam dua kategori, Kategori Pelajar SMA/SMK/MA dan Mahasiswa/Umum. Kategori pelajar SMA/SMK/MA kota Tegal maupun dari luar kota Tegal sejumlah 32 kelompok (30 dalam kota, 2 luar kota). Untuk kategori Pelajar akan menggunakan dinding lapangan parkiran PT. KAI di sebelah selatan Taman Pancasila.
Sedangkan, kategori mahasiswa, seniman dan masyarakat umum di Kota Tegal maupun dari luar Kota Tegal dengan jumlah pendaftar 56 kelompok (Kota Tegal 15, Kab. Tegal 15, Yogya 4, Pemalang 3, Brebes 2, dan masing2 1 KLP : Jakarta, Bekasi, Karawang, Kota Batu Malang, Ponorogo, Bojonegoro, Pekalongan, Banyumas, Batang, Blora, Cilacap, Jepara, Klaten, Magelang, Purwokerto, Solo dan Karanganyar). dan menggunakan tembok pembatas PT. KAI dari Stasiun Kota Tegal ke utara atau yang berada di Jalan Kolonel Sudiarto.

Lomba dilaksanakan, Sabtu (27/8) – Minggu (28/8) dimulai pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB.

Pembukaan Lomba Mural ditandai dengan coretan pertama Wali Kota Tegal diikuti anggota Forkopimda, Pj. Sekda di salah satu tembok lapangan parkiran PT KAI selatan Taman Pancasila. Sebelum mencoret tembok. Wali Kota berfashion week di atas zebracross dari Gedung Birao melewati Taman Pancasila menuju tembok lapangam parkir PT KAI.(prokompim)

Top