Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal mulai melaksanakan Pembangunan Tahap I Gedung lima lantai Paviliun VIP dan VVIP sebagai upaya pembenahan dan melengkapi fasilitas pelayanan kepada masyarakat.

Dimulainya pembangunan ditandai dengan prosesi Ground Breaking penancapan tiang pancang pertama pembangunan di lahan pembangunan, sebelah timur Gedung Cendana RSUD Kardinah, pada Senin (22/8/2022) oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono didampingi Direktur RSUD Kardinah, drg. Agus Dwi Sulistyantono, dengan menaiki dan mengoperasikan alat berat tiang pancang.

Gedung baru tersebut dibangun di atas lahan bekas lahan kosong dan gedung gudang alat kesehatan dan peralatan kantor yang sudah tidak dipakai.

Wali Kota Tegal dalam sambutannya bersyukur pembangunan gedung baru RSUD Kardinah merupakan pencapaian dari mimpi bersama dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, wa syukurillah hari ini kita patut bangga dengan terlaksananya Ground Breaking pembangunan Gedung Paviliun VIP/VVIP lima lantai RSUD Kardinah Kota Tegal. Ini merupakan pencapaian dari mimpi kita bersama dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya,” ujar Wali Kota Tegal.

Sebagai rumah sakit yang bervisi rumah sakit rujukan dari daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Tegal, Brebes, dan Pemalang, RSUD Kardinah sudah saatnya RSUD Kardinah berbenah diri, penyempurnaan fasilitas sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan bermutu dan berkualitas.

Dedy Yon menyampaikan orientasi pembangunan gedung adalah kepuasan pelayanan kepada pasien dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan serta pencegahan penyakit.

Dengan dibangunnya Gedung Paviliun VIP/VVIP lima lantai, Dedy Yon berharap dapat menjadi pilihan bagi pasien dalam memenuhi kebutuhan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang diinginkan.

Utamanya dalam masa perawatan yang memerlukan kenyamanan, keamanan dan privasi yang terjaga, serta fasilitas yang memadai dan memenuhi persyaratan pelayanan kesehatan di level VIP-VVIP, sehingga momen perawatan tidak terlalu dirasa oleh pasien.

“Harapannya hal tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pasien,” harap Wali Kota Tegal.

Direktur RSUD Kardinah, drg. Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan, dimana Pemerintah Pusat telah menginstruksikan untuk meningkatkan pelayanan, Pemerintah mempunyai kewajiban yang tidak boleh dilupakan yaitu harus menyediakan layanan yang berkualitas bagi masyarakat di wilayahnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Tegal melalui RSUD Kardinah terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan pembangunan sarana prasarana yang ada.

“Saat ini merupakan Ground Breaking, penanda dimulainya pembangunan tahap I, Gedung VIP dan VVIP yang akan berakhir pada Desember 2022, dan akan dilanjutkan tahap II di tahun 2023,” jelas Direktur RSUD Kardinah.

Disebutkan Agus, pembangunan gedung lima lantai tersebut nanti akan menambah 47 ruangan, yang terdiri dari Gedung VIP, Gedung VVIP, Gedung Junior Sweet dan Presiden Sweet.

Saat Gedung baru tersebut selesai di garap, pada saat yang bersamaan, yang saat ini menjadi ruang VIP akan diturunkan kelasnya menjadi ruang kelas I, sedangkan yang saat ini menjadi ruang kelas I, akan diturunkan menjadi ruang kelas II, dan ruang kelas II saat ini akan diturunkan menjadi ruang kelas III.

“Sehingga secara bersamaan nanti pada saat dioperasikan gedung baru, maka kita akan mampu menghadirkan pelayanan rumah sakit kelas III dengan ruang bekas kelas II, dan ruangan kelas II merupakan ruang bekas kelas I dan ruang kelas I merupakan ruang bekas kelas VIP,” jelas Agus.

Pada tahap I pembangunan, drg. Agus menyampaikan bahwa anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp. 19,5 miliar dan berdiri di atas lahan 2.600 meter persegi.

drg. Agus berharap, pembangunan gedung baru VIP dan VVIP tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang telah ditentukan.(prokompim)

Top