Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal-Sebagai upaya untuk memutus mata rantai peredaran narkoba di Kota Tegal, Pondok Pesantren Istiqomah Yayasan Al Ma'laa bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal melaunching Pondok Pesantren (Ponpes) Rehabilitasi.

Acara launching tersebut dihadiri Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam acara Launching Pesantren Rehabilitasi Sosial Napza LKS Yayasan Al Ma'laa Getasrejo Kota Tegal, di Ponpes Istiqomah Jalan Gatot Subroto Kelurahan Keturen Kota Tegal, Rabu (27/7/2022).

Turut hadir pula Kapolres Tegal Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal, Ketua MUI Kota Tegal, Ketua Baznas Kota Tegal, Kepala BNN Kota Tegal, Ketua Ganas Annar (Gerakan Anshor Anti Narkoba).

Kepala BNN Kota Tegal Sudirman mengatakan, bahwa Ponpes Rehabilitasi adalah bagian dari upaya BNN dan masyarakat untuk memutus mata rantai peredaran narkoba. Karena dengan sembuhnya para pemakai, membuat para pengedar dan bandar yang fokus pada sisi bisnis akan semakin ditinggalkan para pemakainya yang ingin sembuh.

BNN juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pondok Pesantren Yayasan Al Ma'laa Getasrejo yang sudah sedia memberikan tempat rehab dan bermitra dengan BNN. Ditambahkan Sudirman, dengan sudah adanya tempat rehabilitasi di Kota Tegal, maka BNN akan terus mendampingi dan mengawal Ponpes Rehabilitasi Istiqomah.

Ketua MUI Kota Tegal KH Abuchaer mengatakan, tidak dipungkiri perkembangan zaman justru banyak membuat kawula muda yang terjerumus narkoba. Sementara selama ini untuk wilayah pantura sendiri belum tersedia Klinik ataupun Pondok Pesantren rehabilitasi yang menyediakan upaya penyembuhan bagi para pemakai.

Dengan adanya tempat di Pondok Pesantren Rehabilitasi Yayasan Al Ma'laa Getasrejo yang ada di Kelurahan Keturen Kota Tegal, bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin sembuh atau lepas dari narkoba.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyebutkan, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan BNN bersama Ponpes Rehabilitasi Al Istiqomah Yayasan Al Ma'laa.

Wali Kota berpesan, pemanfaatan Ponpes Rehabilitasi sebisa mungkin jangan hanya untuk masyarakat Kota Tegal saja, tetapi buat mereka dari daerah lain yang butuh untuk sembuh.

OPD Pemerintah seperti Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kota Tegal juga bisa bersinergi, dengan satu tujuan untuk menyembuhkan korban penyalahgunaan narkoba. Tidak hanya itu, Ponpes Rehabilitasi juga jangan hanya menjadi simbolis saja, tetapi harus dimaksimalkan fungsinya.

Ketua Ganas Annar (Gerakan Ansor Anti Narkoba) Atmo Tan Sidik mengatakan, bahwa ide adanya Ponpes Rehabilitasi setelah MUI Kota Tegal, Kementerian Agama Kota Tegal, melakukan kunjungan di Ponpes Rehabilitasi Nurul Ihsan Kalimanah - Purbalingga. Pasalnya selama ini penanganan bagi korban penyalahgunaan narkoba dilarikan ke Ponpes tersebut.

Dengan mengantongi hasil tersebut, kemudian berkoordinasi dengan BNN Kota Tegal, semuanya mampu diwujudkan.

Pada Ponpes Rehabilitasi, menurut Atmo Tan Sidik, selain fokus penyembuhan dari sisi spiritual, juga ditangani medis atau pengobatan oleh para ahlinya.

Launching ditandai dengan penandatanganan dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supiyono.(Dhanu)

Top