Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tegal memusnahkan sejumlah barang bukti hasil pidana umum, Senin (18/7/2021) di Halaman Kantor Kejari Kota Tegal. Pemusnahan barang tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Bakti Adyaksa Ke-62 di Kejari Kota Tegal.

Barang bukti yang dimusnahkan meliputi, satu bungkus plastik klip berisi batang, daun, dan biji ganja, 65 butir obat Merlopam, 2 Lorazepam, beberapa unit handphone, satu bungkus plastik klip berisi serbuk kristal seberat 0,09302 gr sabu, satu bungkus plastik merah berisi tembakau gorilla, 827 butir pil Exymer, 335 butir pil Tramadol, dua buah timbangan digital warna hitam, 29 butir obat Aiprazolam, satu surat permohonan ijin Bungker PT. Sembilan Muara Abadi Petrolium Gas, satu buah flashdisk berisi rekaman CCTV pengisian BBM Solar di SPBU, satu lembar surat rekapan pengiriman Nelayan Pelabuhan Pelindo Tegal Jawa Tengah dan beberapa dokumen berupa buku.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Tegal, Slamet Siswanta, memimpin langsung pemusnahan barang-barang tersebut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Kajari Kota Tegal menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Adyaksa Ke-62. Barang-barang tersebut merupakan barang bukti tindak pidana umum tahun 2021, dari perkara penyalahgunaan narkotika, perkara pelanggaran Undang-undang Kesehatan, pencurian minyak dan gas bumi.

“Barang bukti yang dimusnahkan, sudah melalui proses persidangan Pengadilan Negeri Tegal, sudah melalui persidangan dan memiliki kekuatan hukum tetap,” ujar Slamet Siswanta.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam kesempatan yang sama selain mengucapkan selamat Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 yang jatuh pada tanggal 22 juli 2022 kepada seluruh jajaran Kejaksaan, Ia juga berharap peran ini dapat dilaksanakan sebagai bhakti Adhyaksa Kejaksaan Nasional untuk terus bergerak dan berkarya sebagaimana tema hari bhakti adhyaksa pada tahun ini, yakni “Kepastian hukum, humanis menuju pemulihan ekonomi”.

“Salah satu kepastian hukum yang kita praktikkan langsung hari ini adalah pemusnahan barang bukti di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kota Tegal. Sebab, pemusnahan barang bukti ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap melalui putusan pengadilan,” tutur Dedy Yon Supriyono.

Dedy Yon mengapresiasi Kejari Kota Tegal dan mengucapkan terima kasih, dengan diselenggarakannya kegiatan pemusnahan barang bukti pada hari ini. Pemusnahan barang bukti ini merupakan bukti kerja keras Kejari Kota Tegal dalam rangka melaksanakan penegakkan hukum di wilayah Kota Tegal dan memberantas peredaran narkoba di wilayah Kota Tegal.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti dan upaya kejaksaan negeri Kota Tegal dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan,” imbuh Wali Kota Tegal.

Menurutnya, dengan dimusnahkannya barang bukti tersebut, maka barang bukti tidak akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Wali Kota juga berharap pemusnahan barang bukti ini dapat meminimalisir tingkat kejahatan di Kota Tegal. “Dengan demikian harapan kita bersama, keadaan dan situasi di wilayah hukum Kota Tegal menjadi aman, tenteram dan kondusif dapat terwujud,” harap Wali Kota.(prokompim)

Top