Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal-Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono secara resmi membuka Musyawarah Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal Tahun 2022 di Gedung Pertemuan Mina Graha KUD Karya Mina, Kamis (23/6/2022).

Acara tersebut dihadiri Ketua DPD HNSI Jawa Tengah, Forkompinda ataupun yang mewakili, Kapolsek Kawasan Pelabuhan, Ka Polairud, Kabag Ops Polres Tegal Kota, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal, Lurah Tegalsari, juga seluruh nelayan, pemilik kapal dan para pelaku usaha perikanan.

Dalam sambutannya Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, Muscab bagi sebuah organisasi merupakan momen yang sangat penting, sebab menjadi ajang untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi periode sebelumnya, dan melakukan penyegaran dengan pergantian pengurus untuk membawa organisasinya lebih maju.

Wali Kota Tegal sangat mengapresiasi adanya Muscab yang digelar, apalagi HNSI Kota Tegal menaungi ribuan nelayan. Wali Kota Tegal berharap, HNSI bisa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tegal dan stake holder lainnya, sehingga bisa bersama-sama membangun Kota Tegal.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada pengurus HNSI yang lama, membawa HNSI dan nelayan lebih baik," ucap Dedy Yon

Plt Ketua DPC HNSI Kota Tegal H Eko Susanto mengatakan, HNSI sebagai wadah para nelayan, pelaku usaha perikanan merupakan tempat menyalurkan aspirasi para nelayan. Sebab banyak permasalahan yang kerap dihadapi para nelayan, baik dari harga BBM ataupun terkait kebijakan-kebijakan. Adanya HNSI akan terus mengawal dan mendampingi para nelayan dan pelaku usaha perikanan.

Karena menurut Eko, profesi nelayan merupakan pahlawan gizi. Karena mereka yang berprofesi sebagai nelayan, turut mencari ikan, untuk bisa dikonsumsi masyarakat.

Ketua DPD HNSI Jawa Tengah Riswanto mengatakan, pada Muscab yang dilaksanakan akan memilih kepengurusan HNSI Kota Tegal periode 2022 - 2027. Riswanto berpesan, siapapun yang terpilih harus bisa membawa aspirasi, mengakomodir keinginan dan harapan para nelayan.

Kegiatan yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan adalah Pesta Sedekah Laut. Untuk itu, HNSI dan para nelayan harus sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk kepengurusan panitia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal Sirat Mardanus menyampaikan, dalam upayanya peningkatan perekonomian nelayan atau pelaku usaha perikanan, dinas terus bersinergi dengan organisasi atau lembaga yang berkaitan dengan kelautan maupun perikanan, seperti KUD Karya Mina, Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) dan HNSI Kota Tegal.

Menurut Sirat, warga Kota Tegal yang berprofesi sebagai nelayan sesuai KTP ada sebanyak 8.500 orang. Diharapkan dengan kepengurusan baru, HNSI Kota Tegal akan semakin dinamis dan semakin memajukan kesejahteraan nelayan. (dhanu)

Top