Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal-Untuk menyatukan persepsi, gerak dan langkah seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kota Tegal, Wali Kota Tegal mengukuhkan TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kota Tegal pada acara Rembuk Stunting dan Pengukuhan TPPS Tingkat Kota Tegal di Ruang Adipura, Balai Kota Tegal, Kamis (16/6).

Dalam sambutannya Dedy Yon menyampaikan bahwa langkah tersebut sebagai tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting. Tugas pokok TPPS Kota Tegal yaitu mengkoordinasikan mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di Kota Tegal.

“Pastikan layanan sampai ke sasaran. Jangan ada keluarga beresiko stunting yang luput dari pendampingan, karena cara paling efektif dalam menurunkan angka stunting adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin,” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan pemateri, yakni Sekda Kota Tegal, Johardi yang memaparkan kondisi stunting kota Tegal tahun 2022 dan Rancangan Program dan Kegiatan Intervensi Stunting tahun 2023.

Johardi mengungkapkan bahwa dari 12.728 anak balita yang yang ditimbang ukur, terdapat 701 anak balita stunting. Ditambahkan pula bahwa layanan keluarga berencana perlu menjadi fokus perhatian, khususnya pada 11 kelurahan Lokus prioritas tahun 2023. Selain itu, Johardi juga memaparkan Rencana Tindak Lanjut Aksi Konvergensi Stunting 2022/2023.

Sementara itu, dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah selaku pemateri kedua menyampaikan Upaya Percepatan dan Pencegahan Stunting di Jawa Tengah. Di sesi tanya jawab, sejumlah peserta tampak memberi saran dan pertanyaan kepada narasumber.

Selain pengukuhan TPPS, Wali Kota juga menandatangani Piagam Komitmen Bersama Aksi Konvergensi Pencegahan dan Penurunan Stunting Kota Tegal bersama Kapolres Tegal Kota Rahmad Hidayat, SS., Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Charli Clay Lorando Sondakh, SE., Kajari Kota Tegal Slamet Siswanta, SH., MH., Sekda Kota Tegal Dr Drs. Johardi, MM., Ketua TP PKK Kota Tegal Roro Kusnabila Erfa, Kadiskominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Ir. Cucuk Daryanto, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M. Ismail Fahmi, S.IP, M.Si., Kadinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari, Sp.KK., MM., MH., Kepala Bappeda Kota Tegal Ir. R. Resti Drijo Prihanto, M.Si., Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki, SE., MM., Kadisnakerin Kota Tegal R. Heru Setyawan, S.IP., MH., Kepala DPPKBPPA Kota Tegal Mohamad Afin, S.IP, M.Si., Kepala Disperkim Kota Tegal Ir. Eko Seryawan, MUM., Kepala DKPPP Kota Tegal Sirat Mardanus,S.Pi, M.Si., Kepala DPUPR Kota Tegal Sugiyanto, ST, MT., Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Fathul Himam, Ketua Muslimat NU Kota Tegal, Ketua PD Aisyiyah Kota Tegal, Forum Anak Tegal Bahari, Direktur Poltek Harber, dan Rektor UPS Tegal.(Galih)

Top