Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal-Sebanyak 147 peserta didik Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal diwisuda dalam acara Wisuda Siswa-siswi SUPM Tegal Angkatan 57 Tahun Pelajaran 2021/2022 di Aula Pertemuan SUPM Tegal, Kamis (16/6).

Pada acara tersebut, selain dihadiri orang tua peserta didik yang diwisuda juga turut hadir Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Isteri dari Wali Kota Tegal yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Ny dr Roro Kusnabela Erfa, Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Perikanan I Nyoman Radiarta.

Dalam sambutannya, Kepala SUPM Tegal Maskuri menyampaikan, pada acara wisuda siswa-siswi SUPM Tegal Angkatan 57 Tahun pelajaran 2021/2022 ada sebanyak 147 siswa. Selama menjalani pendidikan di SUPM Tegal para wisudawan mendapatkan pendidikan karakter berupa pola kedisiplinan di asrama, pembinaan kerohanian, tata krama dan sopan santun, pembinaan olahraga dan minat bakat.

Menurut Maskuri, seluruh wisudawan telah menyelesaikan proses pendidikan di SUPM Tegal selama 3 tahun, dan telah melaksanakan ujian akhir pada kelas XII, serta Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah didahului dengan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan pada tanggal 21 s-d 23 Maret 2022 lalu. Kemudian Ujian Sekolah dilaksanakan secara luring pada tanggal 1 April s-d 12 April 2022, diikuti oleh 147 orang. Dari ujian akhir yang diikuti 147 siswa dinyatakan lulus seluruhnya, dan tiap-tiap program keahlian terdapat 3 lulusan terbaik.

Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Perikanan I Nyoman Radiarta mengatakan acara wisuda merupakan tradisi satuan pendidikan dan mengandung arti penting yaitu pengukuhan dan pengakuan bahwa kalian telah masuk pada suatu fase kehidupan yang lebih berwawasan akademik, yang harus ditunjukkan dalam pemikiran dan tindakan yang profesional dan lebih maju. Oleh karena itu upacara wisuda ini jangan dilihat sebagai kegiatan seremonial semata, melainkan sebenarnya bermakna sebagai upacara pengukuhan dan tanggungjawab memelihara nama baik citra almamater.

Dijelaskannya, bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki indikator kinerja dalam hal penyerapan lulusan pada dunia usaha maupun industri sebesar 75%. Sementara berdasarkan laporan Kepala SUPM Tegal, bahwa SUPM Tegal telah melampaui target yakni sebesar 80.03% atau 118 orang terserap di dunia usaha dan industri. I Nyoman sangat mengapresiasi atas kerja keras seluruh civitas akademika SUPM Tegal. Disamping itu kami bangga dengan lahirnya para wirausaha muda baru yang merupakan lulusan SUPM Tegal tahun ini sebanyak 10,9 % atau sebanyak 16 orang.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya berpesan kepada wisudawan untuk bisa memanfaatkan sebaik mungkin pendidikan yang dijalani di SUPM. Sebab, lulusan SUPM, bukanlah alumni yang biasa-biasa saja, namun justru lulusan yang telah memiliki modal untuk bekerja atau berusaha di bidang usaha perikanan.

Wali Kota juga menyampaikan, setelah menapaki kehidupan selanjutnya, tidak harus menjadi orang yang terbaik di segala bidang, namun jadilah yang terbaik di bidang yang kita cintai. Orang tua para wisudawan juga memiliki harapan dan keyakinan buah hatinya mampu sukses melalui sekolah menengah kejuruan.

“Tanamkan dalam diri kalian bahwa kalian mampu dan pantas untuk menjadi pribadi yang sukses dan membanggakan diri sendiri maupun orang tua. Yakinkan diri bahwa kalian memiliki keterampilan yang beda dan bukan anak yang biasa-biasa saja,” tegas Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono (Dhanu)

Top