Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 diperingati secara maraton oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal bekerja sama dengan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) DPD Kota Tegal, di Bank Sampah “Mekar Jaya” RW.IX Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur, pada Minggu (12/6) kemarin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal Nany Lestari menyampaikan bahwa rangkaian peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tingkat Kota Tegal kali ini diisi dengan serangkaian kegiatan yaitu Edukasi Pilah Sampah dan Pelatihan Daur Ulang Sampah Anorganik, Pelatihan Pembuatan Eco Enzym, serta penukaran bibit tanaman dengan botol bekas air mineral, yang dimulai di Jalan Pancasila, depan Water Leiding, Minggu (5/6) lalu. Kemudian, giat Pelatihan Manajemen Pengadministrasian Bank Samoah seKota Tegal di Hotel Khas Tegal, Rabu (8/6), lalu giat Pelatihan Pengelolaan Sampah di Aula SMKN 3 Kota Tegal, Sabtu (11/6) kemarin, serta lomba Cipta Video Peduli Lingkungan sejak 28 Mei sampai 18 Juni 2022. Pengumuman nominasi lomba tersebut rencananya pada 21 Juni mendatang.

‘’Dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, dapat membangun komitmen bersama antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Tegal dan mendorong kreativitas masyarakat untuk mengelola, mengolah dan mendaur ulang sampah organik dan sampah anorganik agar bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.’’  papar Nany.

Sementara itu, Camat Tegal Timur Zidni Nuriyantoro,SH., dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas apresiasi dan kepercayaan Jajaran Panitia Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kota Tegal yang mempercayakan kegiatannya bertempat di Bank “Sampah Mekar Jaya” RW.IX Kelurahan Panggung.

“Kelurahan Panggung memang pantas mendapatkan kesempatan sebagai obyek percontohan Bank Sampah di Kota Tegal, karena dari 14 RW yang ada, sudah terbentuk 10 (sepuluh) Bank Sampah yang beroperasi, bahkan 1 (satu) diantaranya yakni Bank Sampah “Dewi Sintha” di RW.XI Pondok Martoloyo sudah berstatus Bank Sampah Induk di Kota Tegal," jelas beliau.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Hj. dr Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon mengapresiasi peran serta Bank Sampah Mekar Jaya RW IX dan Kader PKK Kelurahan Panggung dalam upaya pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah yang semakin baik.

“ Mari kita biasakan dan kita budayakan untuk mengelola lingkungan dengan baik dan terpadu dimulai dari masing-masing rumah tangga agar lebih peduli memilah sampah dari rumah, menerapkan PHBS, memanfaatkan tanah pekarangan seoptimal mungkin untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga dan penataan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan nyaman, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih, hijau, sehat dan nyaman untuk di huni.” pesannya.

Hadir pada acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Hj. dr Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon, Kepala DLH Kota Tegal Dra Nany Lestari,MM., Camat Tegal Timur Zidni Nuriyantoro,SH., Ketua Pokja III PKK Kota Tegal Ny. Ratna Edy Suripno, Lurah Panggung dan Jajaran Perangkat Kelurahan, Ketua dan Jajaran Pengurus TP-PKK Kelurahan Panggung, Ketua RW, PKK, dan para Ketua RT di RW.IX Kel. Panggung, Pengurus dari DPD Asobsi Kota Tegal dan Pengurus Bank Sampah “Mekar Jaya” RW.IX Kelurahan Panggung.(galih)

Top