Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal terpilih menjadi salah satu rumah sakit yang melakukan virtual meeting atau teleconference bersama Presiden RI, Kamis (9/6) pagi dalam acara Grand Launching Telemedicine Oleh Presiden RI pada Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi. Tidak hanya itu, Direktur RSUD Kardinah juga berdialog dengan Dirut BPJS dan Kementerian Kesehatan, dan mendapat apresiasi atas layanan telemedicine yang sudah dilaksanakan dengan Puskesmas Tonjong Kab Brebes.

Pada teleconference tersebut, selain dihadiri Direktur RSUD Kardinah, dokter-dokter spesialis jantung dan penyakit dalam, juga dihadiri perwakilan BPJS Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY.

Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal drg Agus Dwi usai teleconference mengatakan, terkait dengan teleconference tentang telemedicine ada 5 unit kesehatan yang ditunjuk, diantaranya Puskesmas Kaledupa, Puskesmas Wangi Wangi, Klinik MMC Medan, RSUD Wakatobi dan RSUD Kardinah Kota Tegal.

Dijelaskan drg Agus bahwa telemedicine merupakan layanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter spesialis dengan mengggunakan teknologi informasi dan komunikasi, untuk mendiagnosa, mengobati, mencegah dan mengevaluasi kondisi pasien. Kegiatan telemedicine sudah dilaksanakan di RSUD Kardinah sejak tahun 2020, karena menjadi salah satu pilot project dari Kementerian Kesehatan untuk telemedicine. Di wilayah Jateng adalah RSUD Kardinah bersama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yaitu Puskesmas Tonjong – Kab Brebes.

Diakhir tahun 2019 RSUD Kardinah sudah melaksanakan telemedicine dengan memberikan 127 layanan telemedicine, tahun 2021 melaksanakan 62 layanan dan tahun 2022 sampai bulan ini sudah melaksanakan 36 layanan telemedicine. Bentuk layanan telemedicine yang dilakukan seperti tele radiografi, tele echo radiografi, tele diagnostic dan yang akan dikembangkan selanjutnya tele terapi. Sehingga diharapkan layanan telemedicine tersebut bisa mengcover atau melayani mereka yang terkendala karena akses tempat dan jarak yang sulit dan jauh. Ditambahkan Agus Dwi layanan telemedicine RSUD Kardinah juga mendapat apresiasi dari BPJS Kesehatan sehingga membuahkan kerjasama dengan diikutkan di dalam layanan BPJS Kesehatan.

Sementara dari dialog teleconference, Dirut BPJS Kesehatan dan dari Kementerian Kesehatan menanyakan langsung pada pimpinan Puskesmas Tonjong terkait layanan telemedicine RSUD Kardinah. Dari jawaban yang disampaikan pejabat di BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan RI tersebut mengapresiasi layanan telemedicine RSUD Kardinah yang ditangani dengan cepat.

Surmiati dari BPJS Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY mengatakan bahwa tahun ini adalah uji coba perluasan layanan telemedicine untuk pasien yang berpotensi Pelayanan Rujuk Balik (PRB) dan peserta faskes diluar primer. Tujuan layanan telemedicine selain memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan dokter spesialis karena terkendala jarak, juga memberikan efisiensi baik efisiensi waktu maupun biaya. Hasil layanan telemedicime yang disampaikan juga tidak memakan waktu lama.

Ditambahkannya, di wilayah Jateng dan DIY ada 4 unit kesehatan yang sudah melaksanakan layanan telemedicine. Di DIY ada 1, dan di Jateng ada 3 yakni di Kota Tegal, Rembang dan Sragen. (Dhanu)

Top