Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal - Menanamkan nilai-nlai Pancasila kepada anak-anak sejak dini merupakan upaya baik untuk menumbuhkan kecintaan anak kepada negeri sendiri, dan memberikan pemahaman, bahwasannya keberagaman dan perbedaan bukan untuk saling terpecah, namun semakin bersatu. Melalui acara Penguatan Profil Pelajar Pancasila "Bhineka Tunggal Ika" yang diadakan TK Pelita Kota Tegal di Yogya Mall Tegal, Rabu (8/6) ingin memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila.

Acara tersebut, dihadiri seluruh peserta didik TK Pelita Hati dengan menggunakan baju adat daerah yang ada di Indonesia, dan juga didampingi orang tuanya. Hadir pula Bunda PAUD Kota Tegal Ny dr Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Kepala Sekolah Penggerak yang ada di Kota Tegal, dan dari Korwil Tegal Timur.

Sambutan Bunda PAUD Kota Tegal Ny dr Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon menyampaikan, sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan TK Pelita Hati. Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Bhineka Tunggal Ika” merupakan upaya untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Keberagaman yang ada dinegeri ini, merupakan kekayaan Indonesia. Lagu-lagu adat, baju adat, suku dan ras merupakan perbedaan yang bisa menyatukan melalui Pancasila. Dengan menanamkan Pancasila juga mencegah adanya tindakan-tindakan bullying atau perundungan di lingkungan sekolah. Anak-anak justru akan merasa bangga dengan adanya keberagaman, bukan malah sebaliknya menjadi bahan ejekan atau bullying.

Tidak hanya itu, menurut Kusnabela dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, maka dapat mengantisipasi efek buruk dari kemajuan dan kecanggihan teknologi yang mengikis kecintaan anak-anak terhadap keberagaman dan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Kepala TK Pelita Hati Evin Indarini mengatakan bahwa acara tersebut dilaksanakan dalam rangka masih dalam suasana memperingati Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2022 kemarin. Pengenalan adat, budaya, dan nilai-nilai Pancasila sangat perlu dilakukan dan diberikan kepada anak-anak. Sehingga mereka akan bangga menjadi bagian dari generasi penerus Indonesia. Kelak diharapkan mereka akan menjadi anak yang tumbuh cerdas, berkarakter dengan berbekal penguatan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Yayasan TK Pelita Hati Indonesia Titik Handayani menambahkan akan pentingnya Pancasila bagi anak-anak sejak usia dini. Hal tersebut perlu ditanamkan, karena nantinya mereka akan menjadi generasi penerus yang akan membuat Indonesia semakin hebat. Nilai Pancasila akan membuat anak-anak semakin bangga dan semakin mencintai NKRI. Kelak, sumbangsih apapun, baik ilmu, pengetahuan, karya ataupun produk yang luar biasa dari mereka adalah untuk negeri Indonesia. Bukan malah sebaliknya, sesuatu yang luar biasa, justru diberikan untuk negara lain.

Pada acara tersebut diisi dengan penampilan menari dan menyanyi anak-anak TK Pelita Hati dengan baju adat daerah yang dikenakannya. (Dhanu)

Top