Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pandemi covid-19 berdampak pada semua aspek, termasuk perekonomian dan usaha-usaha masyarakat. Banyak yang akhirnya gulung tikar, meski ada yang tetap bertahan. Pemerintahpun terus berupaya, agar ekonomi masyarakat bisa tetap berjalan. Dari mulai stimulan dengan memberikan bantuan, hingga digelarnya promosi-promosi usaha masyarakat.

Seperti yang digelar Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, mulai 27 sampai 29 November 2021 menggelar Produk IKM Kota Tegal di GOR Tegal Selatan. Acara tersebut mengangkat tema "Bangkit Bersama Memulihkan Ekonomi Kerakyatan".

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono membuka secara resmi Gelar Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Tegal Tahun 2021 mengatakan bahwa event yang digelar merupakan salah satu perwujudan keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dalam upaya membangkitkan dan memulihkan perekonomian Kota Tegal yang terdampak pandemi covid-19. Dalam upaya pemulihan ekonomi tersebut diperlukan inovasi dan kreasi dari para stake holder maupun pelaku IKM.

Pada gelaran produk ini, diisi oleh industri dari masyarakat yang menampilkan produknya seperti kriya, fashion, textile, logam, furnitur dan kuliner yang diharapkan bisa dikenal dan dibeli masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga meminta ASN maupun OPD untuk memprioritaskan dan membeli produk dari industri masyarakat. Dari mulai pemesanan snack untuk acara-acara, pemesanan katering, hingga baju-baju batik yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian industri kecil masyarakat ditengah pandemi.

Menurut Dedy, seperti setiap Selasa ASN Kota Tegal yang memakai seragam batik, disarankan untuk membeli dari para pembatik Kota Tegal. Dengan jumlah ASN sekitar 6.000 orang, maka pemesananya dapat dibeli dari para pembatik-pembatik di Kota Tegal.

Pihaknya mengapresiasi kepada para pengusaha Kota Tegal yang telah berhasil memasarkan produknya ke luar negeri. Seperti Tegal Chip atau kripik pisang yang diekspor ke Singapura dan sarung goyor.

“Saya berharap inovasi dan kreasi yang inovatif benar-benar menjadi langkah yang serius untuk pemulihan ekonomi Kota Tegal dan menjadi central city dari daerah-daerah tetangga lainnya,” ungkap Dedy Yon.

Kepala Disnakerin Kota Tegal Heru Setiawan menyampaikan bahwa dalam gelar produk IKM diikuti oleh 60 IKM. Selain sebagai upaya promoai produk, event yang digelar juga sebagai evaluasi bagi pelaku IKM terhadap produk yang diproduksi.(Dhanu)

Top