Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

piala FK MetraTegal Kota_Pemenang lomba Forum Komunikasi Media Tradisinional (FK Metra) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) akhirnya diumumkan Kamis, (25/11/21) bertempat di Studio TVRI jateng, Semarang, Jawa Tengah. FK Metra Kota Tegal menyabet juara II Pertunjukan Rakyat (Petunra) tingkat Jawa Tengah dengan judul "Ndableg".

Penerimaan Piala dan piagam diterima langsung oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Diskominfo Kota Tegal Heri Kurniawan, SH,MH didamping Ketua FK Metra Bahari Kota Tegal Rudi Iteng.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi diseminasi informasi yang dilakukan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Apresiasi tersebut mewujud dalam pemberian hadiah lomba, pertunjukan rakyat (Petunra) dan film pendek, yang memuat informasi tentang adaptasi kebiasaan baru saat pandemi.

Untuk juara pertama dipegang oleh FK Metra Kabupaten Karanganyar dengan mengangkat judul “Tratap Jingkat”. Sementara, film pendek milik KIM Sendang Kuncara Kabupaten Wonogiri meraih titel juara dengan judul “Isoman”.

“Komunikasi tradisional yang membumi kepada masyarakat penting. Karena sekarang tak semua masyarakat melek teknologi. Inilah Peran KIM dan FK Metra. Apalagi sekarang masyarakat membutuhkan informasi yang cepat,” ujar Sumarno

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Riena Retnaningrum mengatakan lomba ini menggambarkan tema informasi protokol kesehatan dengan menampilkan program kearifan masyarakat Jogo Tonggo yang diarahkan oleh Gubernur Jawa Tengah.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Diskominfo Kota Tegal Heri Kurniawan, mengaku kaget dan tidak menyangka akan menjadi juara meskipun juara II. "Kami tidak mengira bahkan tidak pernah berangan-angan FK Metra Bahari Kota Tegal menjadi juara, pasalnya saat mengikuti lomba persiapan pentas virtual seadanya. Namun konsep petunra kita diakui juri sangat mengena terkait alur tema mengenai protokol kesehatan dan jogo tonggo" kata Heri.

Ajang Petunra FK Metra dan film pendek KIM telah digelar pada tahun 2021. Pada lomba Petunra terdapat 32 wakil yang mengikuti acara. Sedangkan, pada ajang film pendek ada 24 kelompok yang ikut serta.

Urutan juara yakni Juara I disabet oleh FK Metra Karanganyar, Juara II FK Metra Bahari Kota Tegal, Juara III FK Metra Kabupaten Temanggung. Kemudian Juara Harapan I FK Metra Kota Semarang, Juara Harapan II FK Metra Kota Surakarta, dan Juara Harapan III FK Metra Kabupaten Brebes.

Sedangkan, lomba film pendek KIM, Juara I KIM Sendang Kuncara Wonogiri, Juara II KIM Kelurahan Secang Magelang, Juara III KIM Manteb Karanganyar. Juara Harapan I KIM Desa Penggarit Pemalang, Juara Harapan II KIM Jatibarang Lor Brebes, dan Juara Harapan III KIM Desa Kapencar Wonosobo.

Sementara itu pemberian hadiah bagi pemenang Petunra dan film pendek, disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kominfo Jateng dan TVRI Jawa Tengah.

Top