Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

inovasi kiipTegal Kota_Pemerintah Kota Tegal meluncurkan Program "Laboratorium Inovasi" dan penandatanganan komitmen inovasi di Ruang Adipura Kota Tegal, Senin (22/11/21). Program "Laboratorium Inovasi" bertujuan untuk mendorong antusiasme Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menciptakan inovasi dalam pelenggaraan pelayanan publik di lingkungannya.

Wali Kota Tegal dalam sambutannya mengatakan inovasi adalah syarat kemajuan bagi sebuah bangsa, kelompok masyarakat, maupun individu. Teknologi listrik, motor, nuklir, pesawat dan yang lainnya tercipta karena inovasi.

Sistem pemerintahan, manajemen perusahaan, metodologi pengajaran dan sistem-sistem lainnya juga terlahir karena inovasi. Semuanya memberikan out put berupa kemudahan dan efisiensi dalam menjalankan efektifitas.

"Out put-nya adalah peningkatan disiplin, etos kerja, dan pelayanan publik. Banyaknya inovasi dalam bentuk sistem pengelolaan pekerjaan tertentu terbukti mampu memberikan transparansi, kepastian waktu, dan memangkas rantai birokrasi yang tidak perlu" ujar Dedy Yon.

Plt. Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal, Trisari Novianto, menyampaikan saat ini Organisasi Perangkat Daerah yang mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2018 diikuti oleh 15 OPD dengan 15 proposal inovasi, tahun 2019 KIPP diikuti oleh 10 OPD dengan 12 proposal inovasi; tahun 2020 KIPP diikuti oleh 21 OPD dengan 23 proposal inovasi dan di tahun 2021 KIPP diikuti oleh 22 OPD dengan 24 proposal inovasi.


"Pemkot Tegal saat ini telah meraih Inovasi Pelayanan Publik Kota Tegal Tahun 2021 TOP 45/TOP Inovasi Terpuji KIPP Nasional 2021 dengan inovasi “E-Kelurahan” dari Dinas Komunikasi dan Informatika, dan TOP 33 KIPP Provinsi Jawa Tengah dengan inovasi “SIPENJALU” (Sistem Informasi Penerangan Jalan Umum) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang" ujar Trisari.

Setelah penandatanganan komitmen inovasi, acara lounching "Laboratorium Inovasi" ditutup dengan penyerahan uang pembinaan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal karena telah terpilih sebagai Inovasi Pelayanan Publik Terpuji (TOP 45) dengan Inovasi "E-Kelurahan" pada kompetisi Inovasi Pelayanan Publik KEMENPAN RB Tahun 2021.

Top