Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Musibah kebakaran terjadi pada 15 kapal yang berlabuh di kolam Dok Kapal di jalan Bali Kota Tegal. Kejadian sekitar Rabu (17/11) pukul 02.00 dini hari, dari satu kapal yang terdapat sumber api merembet hingga ke kapal-kapal lain.

Mobil unit pemadam kebakaran dari Kota Tegal dibantu mobil pemadam kebakaran dari wilayah tetangga, silih berganti melakukan pemadaman. Namun dikarenakan sulitnya akses masuk ke lokasi kebakaran ditambah beberapa kapal yang terbakar berada di tengah kolam, membuat tim pemadam harus ekstra keras menuju ke titik-titik api.

Riswanto salah satu pemilik kapal mengatakan rata-rata kapal yang ada di dok perbaikan adalah kapal-kapal berukuran 30-60 GT. Sementara beberapa kapal yang sudah diperbaiki sudah siap berangkat dengan perbekalan dan solar yang terisi penuh. Hal tersebut yang membuat api sulit dipadamkan.

Riswanto hanya bisa pasrah ketika api yang membakar membuat ludes seisi kapal. Ditaksir kerugian yang dialami para pemilik kapal sampai sekitar Rp 45 milyar. Mengingat harga satu kapal diatas 30 GT mencapai Rp 3 Milyar.

Dengan adanya musibah tersebut, Riswanto juga meminta dari kejadian tersebut menjadi evaluasi bersama antara pemilik kapal dan unsur maritim terkait. Jangan sampai kejadian terbakarnya kapal terulang kembali.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat saat meninjau lokasi kapal yang terbakar mengatakan, masih menyelidiki penyebabnya. Upaya pemadaman juga terus dilakukan dengan dibantu mobil pemadam kebakaran dari Brebes maupun Kabupaten Tegal.

Namun dikarenakan akses masuk yang sulit untuk menjangkau api, terlebih beberapa kapal berada di tengah kolam, membuat proses pemadaman berlangsung lama. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun hanya kerugian materiil saja yang mencapai puluhan milyar rupiah.(Dhanu)

Top