Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

bantuan ATENSITegal Kota_Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kota Tegal memberikan bantuan kepada 26 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Pemberian bantuan dilakukan di Halaman Pringgitan Balai Kota Tegal Selasa, (16/11/21).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.,MM didampingi Kepala UPT Balai Besar Rehabilitasi Sosial Disabilitas Intelektual Kementerian Sosial "Kartini" Temanggung, Rahmat Koesnadi, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Johardi dan Kepala Dinas Sosial Kota Tegal Bajari, di Pringgitan Kantor Wali Kota Tegal Komplek Balai Kota Tegal.

Kepala UPT Balai Besar Rehabilitasi Sosial Disabilitas Intelektual Kementerian Sosial "Kartini" Temanggung, Rahmat Koesnadi menyampaikan ATENSI merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

Total bantuan ATENSI Balai Besar Kartini Temanggung untuk masyarakat di Kota Tegal yang diserahkan sebesar Rp. 96.100.000, yang terdiri dari bantuan untuk anak yatim piatu jumlah 26 orang selama dua bulan sejumlah Rp. 12.200.000 yang disalurkan melalui Bank Mandiri sebanyak 16 anak dan Bank Syariah sebanyak 10 anak. Bantuan ATENSI berupa Alat Bantu sejumlah Rp. 50.650.000 dan Bantuan ATENSI untuk 4 LKS, sejumlah Rp. 33.250.000.

Rahmat Koesnadi berharap program ATENSI ini bisa terus berkelanjutan dan memberikan semakin banyak manfaat, serta para penerima manfaat pun kondisinya bertambah baik setelah menerima bantuan ini.
“Semoga program ATENSI ini bisa terus berkelanjutan dan memberikan semakin banyak manfaat, serta para penerima manfaat pun kondisinya bertambah baik setelah menerima bantuan ini,” harap Rahmat Koesnadi

Sementara itu Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.,MM meminta semua bantuan yang disalurkan melalui program ini dapat membantu para penyandang disabilitas untuk beraktifitas dengan lebih baik. Kepada para penerima bantuan, Dedy Yon juga berpesan agar bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai dipindahtangankan dengan alasan apapun.

Dampak dari pandemi covid-19 dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk di dalamnya adalah anak-anak yang menjadi yatim karena orang tua telah meninggal akibat Covid 19. M

"Mereka yang masih berada di usia kanak-kanak tentu sangat terpukul dan merasa kesulitan. Oleh karenanya pemerintah mencanangkan program ATENSI yang bertujuan untuk membantu kesulitan-kesulitan mereka" ujar Dedy Yon.

Program ATENSI juga memberikan Bantuan Penunjang Kebutuhan Anak Terlantar dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) kepada tiga LKSA. Antara lain LKSA Muhammadiyah, LKSA Aisyiah, LKSA Santo Aji, yang masing-masing LKSA menerima bantuan untuk 15 anak.

ATENSI juga memberikan alat bantu bagi disabilitas yang diserahkan kepada anggota disabilitas Tegal Bahari. Termasuk pemberian ATENSI bagi lanjut usia terlantar untuk 20 lansia serta ATENSI alat peraga edukasi sebanyak lima paket.

Top