Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dinas Kelautan dan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal menyelenggarakan acara Gerimis Matik atau gerakan minum susu dan makan telor itik acara di gelar di Pendopo Balaikota Tegal, Selasa (16/11).

Acara dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr. Kusnabilla Erfa Dedy Yon, Anggota PKK Pokja 3 Kota Tegal, Wakil dari Dinas Kesehatan Kota Tegal, Wakil dari Bappeda, Perwakilan dari Kecamatan, Kelurahan, ibu dan balita.

Dalam sambutannya perwakilan panitia penyelenggara Sirad Mardanus mengucapkan terimakasih dan juga menyampaikan bahwa Gerakan minum susu dan makan telur itik tahun ini dikemas berbeda dari tahun lalu.

"Gerimis Matik tahun ini sekaligus sosialisasi, sebagai wujud komitmen OPD dalam rangka menuju Kota Tegal zero stunting, gerakan ini diharapkansebagai salah satu upaya, ikut andil mengurangi stunting dimasa yang akan datang".

Dari data Dinas Kesehatan Kota Tegal menyebutkan tahun 2021 Kota Tegal penderita stunting turun menjadi 4,67 persen. Sedangkan angka stunting nasional ada di angka 27,7 persen.

Meskipun angka stunting di Kota Tegal turun, tetapi masih banyak langkah yang harus dilaksanakan agar angka stunting benar-benar nol. Oleh karena itu pemberian paket susu dan telur itik untuk 300 anak balita dengan 2 kali untuk menambah gizi balita agar terlepas dari stunting.

Secara simbolis ketua tim penggerak pkk kota tegal menyerahkan paket berisi susu dan telor itik untuk balita.

Ketua Tim Penggerak PKK kota Tegal dr. kusnabela Erfa Dedy Yon dalam sambutannya mengatakan perlunya menjaga kebersihan juga salah satu langkah mengurangi stunting, cuci tangan menggunakan sabun adalah langkah kecil tetapi penting yang harus diterapkan sehari-hari.

"Gerakan Minum Susu dan Makan Telur Itik sebagai kampanye memberi edukasi pentingnya konsumsi telor itik dan susu sebagai sumber protein hewani yang diperlukan bagi tumbuh kembang balita"

"Apresiasi mendukung program Wali Kota Tegal yang agar Kota Tegal zero stunting, salah satu caranya adalah dengan peningkatan gizi bagi balita. Apalagi masa pandemi tubuh perlu makanan bergizi agar imunitas naik. " Papar dr. Roro

Susu dan telur mengandung asam amino esensial yang penting untuk tubuh. Kandungan susu protein juga mengurangi resiko osteoporosis pada saat dewasa dan lanjut usia.

Pada acara Gerimis Matik juga dilakukan gerakan minum susu dan makan telur itik bersama-sama ibu dan balita peserta perwakilan dari Kelurahan Panggung, Mintaragen, Muarareja, Kraton dan Tegalsari. (Nik)

Top