Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Seorang Narapidana Tindak Pidana Terorisme (Napiter) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Tegal menyatakan Ikrar Setia kepada Negara Republik Indonesia. SY di depan Kepala Lapas Kelas II B Tegal, Perwakilan dari BNPT, Perwakilan dari Densus 88 Anti Teror, Kapolres Tegal Kota, dari Kodim 0712, Kepala Kesbangpol Kota Tegal, Kepala Kemenag Kota Tegal, Kepala Kejari Kota Tegal, Kepala Pengadilan Negeri Tegal dan Petugas Rohaniawan Kemenag Kota Tegal, Selasa (9/110 di Aula Lapas Kelas IIB Tegal menyatakan ikrarnya untuk kembali setia kepada NKRI.

Kepala Lapas Kelas IIB Tegal Andi Yudho Sutijono mengatakan kegiatan Pengucapan Ikrar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan bentuk implementasi hasil program deradikalisasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tegal bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat, serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

Selain itu, pengucapan ikrar ini juga merupakan syarat bagi narapidana tindak pidana terorisme apabila di kemudian hari mengajukan remisi, pembebasan bersyarat, menjelang bebas dan program lainnya. Dijelaskan Yudho, narapidana yang sudah mengucapkan ikrar setia diharapkan dapat menjadi agen yang membantu pemerintah untuk memberikan pencerahan bagi orang-orang di sekitarnya sehingga menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat. Yudho berharap, hal tersebut bisa menjadi awal untuk membuka jalan para mantan napi terorisme kembali ke masyarakat.

Ditambahkan Yudho, bahwa SY dulunya dari jaringan Jamaah Islamiyah dan napiter dari densus anti terror dipindahkan ke lapas Tegal, namun selama menjalani masa hukuman dirinya menunjukkan perilaku baik.(Dhanu)

Top