Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Dibukanya kran umrah untuk jamaah Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi menjadi kabar gembira bagi Pemerintah Indonesia, termasuk di Kota Tegal.

Meski demikian, calon jamaah umrah dihimbau untuk mewaspadai biro perjalanan umrah yang menawarkan harga murah.

Hal tersebut diungkap oleh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Ahmad Farkhan, S.Ag disela-sela giat Silaturahmi Keluarga Besar Agama Hindu di Pura Segara Suci, Jl. Batam Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal yang diselenggarakan oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) pada Kamis (21/10).

“Euforia pembukaan umrah ini jangan sampai membuat masyarakat lengah, kemudian asal ada biro yang menawarkan, diterima saja karena melihat kemurahannya dan seterusnya. Itu yang dikasih sinyal sama pusat, begitu. Pokoknya hati-hati dengan tawaran-tawaran umrah yang harganya miring,” pesannya.

Ditambahkan Farkhan, standar biaya umrah saat ini diperkirakan minimal 50 juta Rupiah.

Mengenai prosedur umrah, dijelaskannya, akan dilakukan sinkronisasi data antara Sistem Komputerisasi Pengelolaan dan Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) , dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), serta data pada aplikasi Peduli Lindungi.

Data identitas calon jamaah umrah seperti usia, nomor paspor, dan paket umrah yang diikuti / dipilih akan diketahui dari aplikasi Siskopatuh. Sedangkan data kesehatan calon jamaah, seperti riwayat vaksin, serta hasil test PCR apakah positif atau negatif.

Nantinya, pemberangkatan jamaah Kota Tegal dilakukan berdasarkan skala prioritas, yaitu sekitar 4.500 jamaah yang sempat ditunda keberangkatan sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Sesuai arahan Pemerintah Pusat, lanjut Farkhan, tahun 2022 harus ada jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah. (Galih S)

Top