Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal berupaya menyelenggarakan event baru yang berbeda pada peringatan Hari Jadi ke-434 Kota Tegal Tahun 2014. Salah satunya adalah Festival Egrang Antar Pelajar pada Kamis (21/4) yang rencananya diikuti 2.000 pelajar se-Kota Tegal .

Festival egrang ini juga dilombakan dengan dibagi menjadi 3 tingkat, yakni tingkat SD dengan menampilkan Lomba Gerak Jalan Egrang, tingkat SMP lomba festival egrang, tingkat SMA lomba marathon egrang dan parade seluruh peserta egrang.

“Pemkot lakukan sosialisasi kepada pelajar untuk mengikuti festival egrang ini. Saya mengharapkan animo pelajar dan masyarakat agar antusias dalam memeriahkan hari jadi Kota Tegal ini,” ungkap Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno kepada wartawan saat jumpa pers di Pringgitan Rumah Dinas Walikota Tegal, Rabu (09/4). Walikota didampingi Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Kota Tegal ke 434 Tahun 2014 yang juga menjabat Plt Sekda Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta beserta Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal Drs Markus Wahyu Priyono.  

Selain Festival Egrang, Pemerintah Kota Tegal kembali menyuguhkan tontonan yang menghibur warga Kota Tegal yakni Tegal Pesisir Karnaval (TPK) 3. TPK 3 ini merupakan lanjutan TPK 1 pada tahun 2012 dan TPK 2 pada tahun 2013 yang sukses memeriahkan HUT Kota Tegal serta menghibur warga Kota Tegal.

Kegiatan baru lainnya antara lain Festival Jajanan Kuna yang dilaksanakan bersamaan dengan pameran UMKM di Alun-alun Kota Tegal pada 18-19 April 2014.

“Selain itu gaung kegiatan ini dapat terdengar sampai ke luar Kota Tegal, sehingga wisatawan datang ke Kota Tegal. Kota Tegal telah siap dengan akomodasi bagi wisatawan. Selain itu untuk promosi, kita punya website milik Pemkot,” ungkap Walikota.

Sementara itu acara pokok peringatan Hari Jadi ke-434 Kota Tegal tahun 2014 akan diawali dengan kegiatan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tegal pada Jumat (11/4) di Ruang Rapat DPRD Kota Tegal. Malam harinya dilaksanakan tasyakuran di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Upacara hari jadi akan dilaksanakan pada Sabtu (12/04) di Alun-alun Kota Tegal. Dalam upacara ini menggunakan pakaian adat khas Kota Tegal dan bahasa Indonesia dalam tata urutan upacara serta sambutan juga menggunakan bahasa Indonesia yang dicampur bahasa Tegal. Setelah upacara, dilanjut ziarah ke makam Ki Gede Sebayu di Danawarih Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Kegiatan lainnya yakni Senam Kebugaran dilaksanakan Minggu pagi (13/4) di GOR Wisanggeni, penanaman pohon Senin pagi (14/4) di Kompleks Rusunawa Kraton, donor darah pada Rabu (16/4) di Pendopo Ki Gede Sebayu, pagelaran Kesenian dan Festival Jajanan Kuna dan pameran UMKM dilaksankan pada 17-19 April, Pameran Foto dan Pameran Uang Kuna di Pendopo Ki Gede Sebayu (21-23 April) dan Kerja Bhakti masal Jumat (25/4) di Perumahan Martoloyo.

Sementara kegiatan olah raga lainnya untuk memeriahkan hari jadi juga digelar kejuaraan Bulutangkis pada 16-19 April di GOR Sinar Mutiara, futsal dan lomba terompah antar kelurahan pada 18-19 April 2014 di Alun-Alun Kota Tegal, turnamen catur antar kelurahan (beregu) 18-19 April di Pendopo Ki Gede Sebayu, Jalan Sehat Keluarga pada hari Minggu pagi (20/4) di Alun-alun dan finish di Balaikota, tenis meja dilaksanakan Minggu (19/4) di lapangan Tenis Indoor, Tegal Open Volley Ball Tahun 2014 putra dan putri tingkat Jawa Tengah di GOR Wisanggeni pada tanggal 15-27 April serta Tenis Lapangan Prestasi pada 27-30 April di GOR Wisanggeni dan Lapangan Tenis Indoor Balaikota.

Masing-masing kecamatan juga melaksanakan Pentas Seni. Di  Kecamatan Tegal Selatan pada Rabu (16/4), di Kecamatan Margadana pada Senin (21/4), di Kecamatan Tegal Barat pada Rabu (23/4), di Kecamatan Tegal Timur pada Jumat (25/4).

Sedangkan puncak kegiatan hari jadi Kota Tegal dilaksanakan resepsi Hari Jadi Kota Tegal pada Rabu malam (30/4) di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal.

Top