Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

WhatsApp Image 2021-08-19 at 14.45.39Tegal Kota_Rencana Pemerintah Kota Tegal menempatkan Kereta Locomotif Hidrolik di tengah Taman Pancasila Kota Tegal seperti akan terealisasi. Pasalnya Kamis pagi (19/0821) Pemerintah Kota Tegal dan PT. KAI telah menandatangani Berita Acara Penempatan Lokomotif Hidrolik (DH) D 301 03. Berita acara ditandatangi langsung oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dan Plt. Eksekutif Vice President PT KAI DAOP IV Semarang, Wisnu Pramudio disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Johardi dan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Tegal.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan penandatanganan berita acara ini dalam rangka penataan Kawasan Stasiun Kota Tegal. Lokomotif Hidrolik akan di pasang di depan stasiun persis.

"Penempatan Lokomotif Hidrolik (DH) D 301 03 di Taman Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dengan penataan Alun-alun, tempat parkir, ruas Jl. Kolonel Sudiarto dan wajah Kota Tegal yang lain. Seperti wisata religi Makam Mbah Panggung, Water Leideng, Pantai Alam Indah dengan Song Of The Sea, Kolam Gelombang, Kali Siwatu dengan floating market serta pujasera" ujar Dedy Yon.

Taman Pancasila selain ikonnya satu area dengan Alun-alun, juga sebagai ikonnya stasiun. Ketika turun dari stasiun Tegal, penumpang akan melihat langsung lokomotif kereta api yang model antik tahun 83.

"Diharapkan setelah penempatan kita ada pembenahan kerjasama dengan PT. KAI yang berkaitan dengan pasar malam, tempat parkir dan juga ruas jalan yang arah Jl. Kolonel Sudiarto di geser sedikit sehingga bisa dilewati bis pariwisata jalan. Kita rencanakan akan bangun parkir bis pariwisata diharapkan dapat terlaksana dengan baik,” tegas Dedy Yon.

Sementara itu Plt. Eksekutif Vice President DAOP IV Semarang, Wisnu Pramudio menyampaikan lokomotif yang akan dipasang adalah jenis hidrolik dan mendukung penataan kawasan Kota Tegal. “Lokomotif yang dipasang jenis disel hidrolik buatan Jerman sebagai pendukung penataan kawasan Kota Tegal" ujar Wisnu.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Eko Setyawan bahwa lokomotif yang ditempatkan adalah aset PT.KAI yang dimanfaatkan secara bersama dengan Pemkot Tegal.

Top