Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

12 04 21 FGD Opini PublikDinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan opini publik sebagai upaya dalam mengukur keberhasilan publikasi atau sosialisasi yang telah dilakukan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum saat membuka Forum Group Discusion Dialog Opini Publik Pengelolaan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah di Hotel Pesona Jl. Gajahmada Kota Tegal, Senin (12/04/21).

Selain itu kegiatan opini publik juga membentuk opini publik sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan khususnya pada pengelolaan informasi dan komunikasi publik.

"Komunikasi dan informasi mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia dan masyarakat, karena menjadi wahana utama dari kegiatan dan kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan saat ini informasi telah menyebabkan perubahan yang mendasar pada berbagai aspek, karena itu pesan dan kebijakan pemerintah harus disebarluaskan guna membangkitkan semangat serta partisipasi masyarakat" ujar Reina.

Sesuai visi terkait reformasi birokrasi di kabupaten/kota berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah berusaha untuk memenuhi akan kebutuhan informasi masyarakat serta menampung aspirasi publik.

Gambaran pendapat dari masyarakat atau yang dikenal dengan istilah opini publik sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan yang akan dilakukan oleh Pemerintah.

"Saya berharap hal tersebut diikuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, sehingga menciptakan keserasian dan pedoman dalam pelaksanaan komunikasi publik" tambah Reina.

Dialog opini publik yang dihadiri Kominfo Se-eks karsidenan Pekalongan menghadirkan 3 narasumber yakni Dr. Nurul Hasti dari FISIP UNDIP dengan materi Peran Agenda Setting Dalam Membangun Isu di Media Publik, Nur Imroatus, S. M.Hum materi yang disampaikan adalah Mengelola Opini Publik di Media, dan Lalang Praditya, S.Si, M.M dari Indonesia Indicator dengan materi Komparasi Komunikasi Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Eks-Karesidenan Pekalongan.

Penyampaian ketiga narasumber di moderatori oleh Kepala Bidang Pengolahan Informasi dan Saluran Komunikasi Diskominfo Kota Tegal, Heri Kurniawan, SH.M.Hum

Top