Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

TEGAL – Menjelang Bulan Ramadhan, Polres Tegal Kota, Pemerintah Kota Tegal dan Kodim 0712/Tegal menyiapkan potensi pusat-pusat keramaian di mall menjadi posko Mall Siaga Candi. Tujuannya sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 sekaligus mendukung program Pemerintah. Yakni agar Polri melakukan pengawalan pemulihan ekonomi nasional.

Pencanangan Mall Siaga Candi di Kota Tegal yang pertama dicanangkan di Rita Supermall Kota Tegal, Sabtu (27/3).

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo saat bersama Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono dan Komandan Kodim 0712, Letkol. Inf. Sutan Pandapatan Siregar saat pencanangan Mall Siaga Candi, di Rita Supermall Kota Tegal.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono menggarisbawahi bahwa pemulihan perekonomian, salah satunya di mall-mall harus tetap tumbuh. Dedy Yon berharap bahwa tiga Pilar, yakni Polres Tegal Kota, Pemkot Tegal dan Kodim 0712 turut mendorong meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki ekonomi dengan langkah kegiatan ekonomi harus tetap berjalan akan tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Ini diharapkan bahwa kami tiga pilar, Polres, Pemkot dan Kodim 0712 turut mendorong meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperbaiki ekonomi dengan langkah kegiatan ekonomi harus tetap berjalan akan tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Dedy Yon.

Menurut Dedy Yon, Mal Siaga Candi ini merupakan langkah taktis yang harus didukung bersama. Selain pertumbuhan ekonomi, pihaknya juga tetap mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan yang diterapkan di mall-mall.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap Pemerintah, TNI dan Polri, mendukung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perbaikan ekonomi yang di waktu kemarin menurun drastis akibat pandemic Covid-19, dan kedepan perekonomian masyarakat pelaku usaha akan lebih baik akan tetapi penanganan Covid-19 juga harus lebih baik lagi,” terang Wali Kota Tegal.

Wali Kota menghimbau agar seluruh petugas keamanan di mall benar-benar memperhatikan penerapan protokol kesehatan, termasuk didalamnya memperhatikan kapasitas mall, dan bisa membatasi pengunjung apabila melebihi kapasitas. Selain itu, petugas yang ada juga harus memberikan arahan kepada security agar antrian-antrian di loket, kasir tetap memperhatikan jarak agar tidak berkerumun.

Rita Mall merupakan mall yang pertama diterapkannya Mall Siaga Candi. Direncanakan nantinya akan ada tiga mall lagi yang akan menerapkan Mall Siaga Candi. Seperti yang disampaikan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo, bahwa ini merupakan mall pertama, dari 4 mall yang direncanakan akan dijadikan Mall Siaga Candi di Kota Tegal.

“Pada intinya ini semua akan digunakan untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 sekaligus mendukung program pemerintah, agar Polri melakukan pengawalan pemulihan ekonomi nasional,” papar Kapolres Tegal.

Mengenai teknis pelaksanaannya, Rita menjelaskan bahwa Tiga Pilar bersama Satgas Covid-19 Kota Tegal akan terus bersama-sama memberikan rekomendasi diawal dan terus melakukan evaluasi-evaluasi secara berkesinambungan untuk memberikan satu rekomendasi apakah sebuah tempat usaha bisa diberikan rekomendasi untuk tetap beroperasi atau tidak, jika dinilai tidak memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

Rita menjelaskan bahwa pihaknya tidak sekedar memberikan rekomendasi di awal kepada mall-mall dan tidak melakukan pengawasan. Polresta juga akan terus berupaya melakukan pengawasan dan kontrol bersama Satgas Covid-19 Kota Tegal di mall-mall yang menjadi Mall Siaga Candi.

“Transaksi kegiatan ekonomi silahkan berjalan, tetapi tetap protokol kesehatan harus tetap di laksanakan dengan baik,” pungkas Kapolres Tegal Kota.

Top