Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

suara robtoTegal Kota_Abdulah Farid, seorang guru Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahman Kota Tegal menciptakan Speaker Robot Guru atau SRG. SRG diciptakan farid saat kebanyakan murid kesusahan dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19.

Farid mengatakan SRG merupakan suatu inovasi pembelajaran offline tanpa tatap muka, tanpa kuota, tanpa perangkat handphone namun bisa membawa pembelajaran di rumah siswa masing-masing. "SRG merupakan alat pembelajaran yang efektif sekaligus menyadarkan masyarakat untuk berbagi pada sesama dan menyadarkan tentang kepedulian kita sebagai guru kepada siswa siswi yang kurang mampu" ujar Farid.

Berawal dari keresahan guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh yang didominasi oleh kegiatan belajar online atau daring dan juga tidak semua siswa memiliki perangkat handphone, kouta internet dan pendukung lainnya, maka farid membuat inovasi SRG.

Didalam perangkat SRG berisi konten pembelajaran yang bisa dijadikan guru oleh anak anak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, seperti lagu nasional, lagu anak, hadist arbain, dan point ke sebelas adalah materi belajar selama satu semester lengkap dengan tematik dari kelas 4 sampai kelas 6. "Tujuan dari diciptakan perangkat SRG adalah agar siswa tidak mampu belajarnya setara atau sama dengan siswa yang mampu" tegas Farid.

Untuk mendapatkan SRG siswa tidak perlu membeli, Farid menyiasatinya dengan cara donasi. "untuk pembelian 1 perangkat SRG, pembeli bisa mendapatkan 2 SRG atau beli 1 dapat 2, Nah nantinya perangkat SRG satunya diberikan secara cuma-cuma kepada siswa yang tidak mampu" kata Farid.

Untuk saat ini SRG yang diciptakan sudah terjual keluar pulau jawa seperti Nusa Tenggara Timur, kalimantan barat, dan banyak lagi.

Usai melaksanakan upacara Hari Amal Bakti ke-75, Kepala kantor kementerian agama Kota Tegal, H. Akhmad Farkhan menyatakan sangat mendukung inovasi yang dibuat oleh Abdulah Farid. Rencananya Kemenag Kota Tegal dan Provinsi akan mengembangkan riset atas inovas SRG.

Top