Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Sudah menjadi fenomena tahunan ketika menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan pokok dan sejumlah komoditi sayuran mengalami kenaikan. Seperti beras, minyak sayur, gula pasir, cabe dan telur ayam sudah sejak dua pekan terakhir melonjak naik.

Guna mengetahui secara persis perihal kenaikan harga tersebut, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal bersama Polres Tegal Kota melaksanakan monitoring harga di Pasar Pagi Kota Tegal, Rabu (23/12).

Kabid Perdagangan Diperindagkop UMKM Kota Tegal Wineksi mengatakan kegiatan monitoring yang dilaksanakan untuk mengetahui secara persis penyebab kenaikan sejumlah barang. Selain itu, monitoring juga menjadi bagian dari upaya stabilisasi harga.

Dari monitoring yang dilakukan, saat ini kenaikan tertinggi pada cabe. Alasan para pedagang lantaran saat kulak juga sudah mengalami kenaikan.

Kenaikan juga terjadi pada daging ayam dan daging sapi. Saat ini untuk daging ayam naik menjadi Rp 38 ribu per kilogram dan daging sapi Rp 120 ribu per kilogram.

Harga beras dan gula juga mengalami kenaikan namun tidak begitu melonjak. Khusus untuk sembako, TPID berupaya bersama Bulog untuk melaksanakan operasi pasar yang menjual sembako dengan harga lebih murah dibandingkan harga dipasaran.

Sementara salah satu pedagang cabe Wapitriana (55) warga Kalinyamat Wetan mengatakan untuk saat ini harga cabe keriting yang biasanya Rp 30 ribu per kilogram naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Kemudian cabe merah sebelumnya seharga Rp 25 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Begitu pula dengan harga rawit hijau dari Rp 14 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 45 ribu per kilogram.

Menurut Wapitriana, kenaikan harga cabe tidak tahu persis apa penyebabnya. Namun saat dirinya kulak harga cabe sudah mengalami kenaikan tidak seperti harga biasanya.

Top