Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Bank Indonesia sejak peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Agustus kemarin telah mengeluarkan uang khusus yakni uang kertas Rp 75 ribu. Uang khusus ini memang hanya ditukar dengan sistem penukaran 1 KTP satu kali penukaran. Hal ini agar untuk memeratakan kepemilikan uang khusus 75 ribu di masyarakat. Jadi setiap masyarakat bisa memilikinya. Bank Indonesia membuka bagi siapa saja yang ingin menukar. Demikian disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Dody saat talkshow di Radio Sebayu FM, Jumat (13/11).

Menurut Dody, uang kemerdekaan 75 ribu merupakan uang peringatan yang dikeluarkan secara khusus untuk memperingati suatu peristiwa penting. Kebetulan HUT Indonesia sudah mencapai 75 tahun, jadi Bank Indonesia mengeluarkan uang tersebut.

Waktu penerbitan juga tertentu, tidak bisa setiap saat. Ini merupakan wujud syukur pencapaian kemerdekaan indonesia dan pembangunan Indonesia selama 75 tahun. Menegakkan kedaulatan Indonesia melalui uang rupiah yakni 75 ribu rupiah, sekaligus menanamkan kepada masyarakat Indonesia mencintai rupiah dan bangga sebagai rakyat Indonesia.

Sudah ke empat kalinya Bank Indonesia menerbitkan uang rupiah khusus dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Sebelumnya pada tahun 1970 saat HUT ke 25 Kemerdekaan RI, tahun 1990 saat HUT ke 45 dan tahun 1995 saat HUT ke 50 Kemerdekaan RI.

Menurut Dody, masyarakat bisa mendapatkan dan menukarnya dengan cara mengisi aplikasi pintar.bi.go.id nantinya akan mendapatkan jadwal antrian, bisa menukar individual maupun kolektif.

Namun setiap 1 KTP hanya untuk satu kali penukaran dan untuk kolektif minimal 17 KTP. Kita memang membatasi penukaran, agar semua masyarakat bisa memilikinya, jadi diberlakukan aturan tersebut. Bank Indonesia Tegal juga memberikan souvenir menarik bagi yang beruntung melalui undian lucky draw.

Dijelaskan Dody pada talkshow yang disiarkan di 4 radio, yaitu Sebayu FM, Gama FM, RCA FM dan Sananta, bahwa uang baru 75 ribu dilengkapi dengan unsur teknologi pengaman yang baru dan menggunakan bahan kertas yang lebih tahan lama. Pada uang tersebut menghadirkan gambar utama Soekarno - Hatta, gambar bunga anggrek bulan yang didalamnya ada logo BI dan dapat berubah warna, ada pula gambar anak Indonesia dengan pakaian adat.

Top