Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Di era modern dan digitalisasi, hampir semua layanan dilakukan melalui aplikasi dan online. Masyarakat dapat dipermudah dengan layanan canggih yang sudah banyak macamnya. Termasuk di Polres Tegal Kota, aplikasi baru diterapkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengadu atau melaporkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Aplikasi yang diberi nama Si Teko Polres Tegal Kota, dilaunching Selasa (29/9) di Gedung Devia Cita dihadiri langsung oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi.

Dalam paparannya, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari mengatakan ada beberapa fitur yang terdapat di aplikasi Si Teko untuk mempermudah layanan masyarakat. Salah satu fiturnya yakni fitur data kunjungan ke Polres Tegal Kota, setiap pengunjung yang datang dan masuk akan discan secara barcode, dan secara langsung akan teregistrasi oleh sistem yang terhubung dan disesuaikan dengan data di Disdukcapil. Data akan terverifikasi, sesuai dengan data kependudukannya atau tidak. Sistem scanning barcode juga menjaga agar masyarakat tetap steril, tidak perlu bersentuhan.

Sistem juga dapat mengkalkulasi jumlah pengunjung, tentunya bisa dimanfaatkan dimusim pandemi covid-19 saat ini untuk mengetahui jumlah keramaian pengunjung, sehingga bisa diminimalisir untuk tidak terlalu padat atau ramai. Ini juga bisa diterapkan di pusat perbelanjaan, di gedung dan sejenisnya agar kita tetap aman tanpa perlu berkerumun. Semua akan terlihat secara statistik, dan juga dilengkapi alarm warning jika sudah mencapai batas maksimum maka alarm akan bunyi secara otomatis. Siapapun bisa mengakses dan mendownload aplikasi Si Teko, yang sudah tersedia di aplikasi store setiap smartphone.

Masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi Si Teko, juga dapat langsung melaporkan atau mengadu secara online by voice, dan bisa langsung tersebar ke personil Polres Tegal Kota terdekat, ditandai dengan bunyi alarm sampai ada personil yang merespon dan menindaklanjuti dengan menelpon si pelapor. Menurut AKBP Rita, bahwa launching aplikasi Si Teko bersinergi dengan Program Polda Jateng Hadir, selain itu dalam rangka percepatan untuk mendapatkan informasi, dan meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Ditambahkan AKBP Rita, Nantinya aplikasi ini juga akan terintegrasi ataupun bekerja sama dengan TNI, untuk keterlibatan personilnya, dalam rangka bersama-sama menjaga kondusitifas wilayah. Melalui aplikasi Si Teko, maka personil TNI maupun Polri siap tanggap menjaga dan melayani masyarakat.

Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Lutfi mengapresiasi aplikasi yang dibuat Polres Tegal Kota. Launching tersebut tentunya mendukung perwujudan smart police dan smart city. Fitur-fitur yang disajikan untuk memudahkan masyarakat, sejalan dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Diharapkan, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.

Top