Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

WhatsApp Image 2020-09-09 at 17.43.01Tegal Kota_Sebanyak 34 sekolah di Kota Tegal sudah mulai aktif melakukan Proses Kegiatan Balajar Mengajar dengan tatap muka. Sekolah tersebut terdiri dari 31 SMP negeri dan swasta, dan 3 SMA, yakni SMA 2, SMK 2 dan SMA Pius.

Wakil Wali Kota Muhamad Jumadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tegal Ismail Fahmi dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tegal Muhammad Rudy Herstyawan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah yang sudah melakukan KBM tatap muka, Rabu (9/9).

Sidak dilakukan di SMP 7, SMA Pius dan SMA 2 kota Tegal. Wakil Wali Kota menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan sidak ke beberapa sekolah yang sudah melakukan KBM tatap muka untuk memantau dan memastikan sekolah telah melakukan prosedur protokol kesehatan atau tidak dalam melaksanakan KBM tatap muka.

Jumadi menyampaikan ingin melihat secara langsung kondisi dilapangan. "Kita melihat bagaimana mereka melakukan KBM tatap muka, apakah sudah sesuai dengan prosedur yang sudah diberikan oleh pemkot," ujarnya

Dari hasil pantuan, Jumadi mengaku secara umum KBM tatap muka sudah berjalan dengan baik.

Pelaksanaan KBM tatap muka yang saat ini berlangsung menurut Jumadi merupakan pilot project, oleh karena itu Jumadi menyampaikan pihaknya harus lebih ekstra hati-hati dan harus lebih ketat dalam melaksanakan protokol kesehatannya, dan jangan sampai lengah. Sebab jika kita lengah, tidak menutup kemungkinan ada kluster baru di sekolah, dan nantinya sekolah bisa melakukan KBM tatap muka lagi.

Selain untuk melihat langsung, kedatangan Jumadi sekaligus memberikan motivasi baik kepada guru-guru terutama kepada siswa siswi, karena merupakan leaders dalam pilot project pembelajaran tatap muka.

Ia menyampaikan saat ini kota Tegal harus terus berinovasi dalam menghadapi pandemi covid-19, contohnya bagaimana mereka masuk sekolah, datang kesekolah tidak boleh diantar orang lain kecuali satu rumah, tidak menggunakan transportasi publik kecuali transportasi publik yang kerjasama dengan sekolah, dan dua hari sekali mereka kontrol kesehatannya, dan Dinas Kesehatan kita Tegal datang ke sekolah-sekolah untuk menge-cek bagaimana siswa-siswi yang sudah melakukan KBM tatap muka.

Wakil Wali kota juga menyampaikan pihaknya akan melakukan evaluasi pelaksanaan KBM tatap muka di kota Tegal, dan sesuai anjuran pihaknya akan menjajaki KBM tatap muka untuk Sekolah Dasar (SD) yang rencananya akam di mulai 2 bulan mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ismail Fahmi menyampaikan saat ini sudah ada 34 sekolah yang melakukan KBM tatap muka dengan sistem bergilir, terkait dengan kuota maksimal 50 persen siswa. selain itu ada juga yang melakukan dengan sistem 3,4,7 yakni 3 hari berangkat, 4 hari libur dan 7 hari Pembelajaran Jarak Jauh.

Ismail Fahmi menambahkan, untuk pembelajaran tatap muka SMP di Kota Tegal sudah mulai dilaksanakan dari Senin (3/8) sementara untuk SMA baru mulai dilaksanakan Senin (7/9).

Ismail Fahmi berharap mudah-mudahan dengan kerja keras dan upaya kita bersama, tidak terjadi cluster Covid-19 di sekolah di Kota Tegal.

Top