Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

pembatik tegalTegal Kota_Untuk menambah penghasilan keluarga, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono akan mengajak perempuan di Kota Tegal mengikuti pelatihan membatik. Saat meninjau langsung produksi batik di rumah batik kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Jumat ( 04/09) Dedy Yon mengatakan pelatihan membatik ini bisa menambah penghasilan khususnya ibu ibu di masa pandemi seperti ini.

"Dengan pelatihan ini diharapkan ibu rumah tangga bisa berkarya melalui membatik sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan" tutur Dedy Yon. Ditambahkan giat pelatihan yang dilakukan Pemerintah Kota Tegal merupakan salah satu upaya meningkatkan ekonomi di Kota Tegal.  Sebelumnya Pemerintah Kota Tegal telah melaksanakan pelatihan tenun sarung goyor dan pembuatan sapu sorgum kepada Ibu-ibu penghuni Rumah Susun kelurahan Kraton.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, Redemptus Heru Setyawan, menyampaikan bahwa pihaknya sampai saat ini tidak hanya membantu melakukan pelatihan-pelatihan membatik saja, namun juga melakukan pelatihan bagaimana memasarkan produk secara online.

"Ditengah pandemi Covid-19 memang semua terdampak, termasuk indrusti batik. Namun menurut Heru pengrajin batik di Kota Tegal mereka masih produktif menghasilkan batik, salah satu contohnya pembatik tengah menerima orderan ratusan potong kain batik sekolah di Kabupaten Tegal. 

Ketua Koperasi Pembatik Cempaka Mulya, Sri Rejeki mengaku telah melakukan pelatihan kepada Ibu-ibu PKK di beberapa Kelurahan. Sri Rejeki berharap, pandemi Covid-19 berakhir sehingga even-even besar batik di luar kota kembali digelar sehingga penjualan akan lebih besar jika dijual langsung pada even-even besar batik dibandingkan dengan secara online.

Top