Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Uang baru yang dikeluarkan Bank Indonesia dalam rangka HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) dengan pecahan Rp 75.000 merupakan uang yang sah digunakan sebagai alat pembayaran. Meski khusus dikeluarkan dan dicetak hanya 75 juta lembar saja, namun uang tersebut tetap bisa untuk pembayaran sesuai dengan nilainya.

Masyarakat yang berminat untuk mendapatkan uang kertas baru ini, bisa menukar langsung di Bank Indonesia setempat. Termasuk di Kota Tegal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia telah menyiapkan sebanyak 1,3 juta lembar untuk melayani masyarakat yang ingin menukar dengan UPK 75.

Kepala KPw BI Tegal M Taufik Amrozy dalam Pers Conferencenya di Ruang Rapat BI Tegal, Selasa (18/8) mengatakan bahwa Bank Indonesia telah mengeluarkan Uang Peringatan sebanyak 10 kali, yang keempat kali diantaranya dikeluarkan untuk memperingati hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni saat HUT ke 25, HUT ke 45, HUT ke 50 dan tahun ini HUT ke 75.

Menurut Taufik, cetak UPK 75 ini sebagai wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebhinekaan dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang. Taufik menjelaskan bahwa UPK 75 memiliki gambar utama yakni Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta dengan gambar-gambar lain yakni baju adat suku-suku di Indonesia yang mewakili dari wilayah timur, tengah dan barat. Gambar baju adat yang ada pada UPK 75 merupakan baju adat yang belum pernah dimasukkan pada desain uang sebelum-sebelumnya.

Sementara, untuk mendapatkan UPK 75 masyarakat bisa melakukan penukaran namun dengan ketentuan yang berlaku. Yaitu melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi "Pintar" di website Bank Indonesia yakni https://pintar.bi.go.id

Ketentuan lain adalah setiap 1 KTP hanya dapat menukar atau memperoleh satu lembar UPK 75 dengan nilai tukar yang sama sesuai nominalnya. Saat akan mengambil UPK 75 juga tidak bisa diwakilkan orang lain, namun harus yang bersangkutan sesuai dengan foto KTP-nya. Untuk penukaran UPK 75 ini, BI Tegal telah menyiapkan 1,3 juta lembar.

Ditambahkan Taufik, untuk saat ini penukaran memang baru bisa dilayani di Bank Indonesia. Namun nanti mulai awal Oktober sudah bisa dilakukan penukaran di Bank Umum yang ditunjuk Bank Indonesia.

Top