Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal Muhamad Jumadi mengukuhkan Pembina Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) dan melantik Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) serta melantik Pengurus Kwartir Ranting Tegal Barat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal. Kamis (13/08) malam.

Dalam kesempatannya Ketua Kwartir Cabang Kota Tegal Muhamad Jumadi menyampaikan bahwa pendidikan non formal yang menjadi ciri utama Gerakan Pramuka, berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan.

‘’Untuk mencapai maksud tersebut dilaksanakan kegiatan kepramukaan yaitu proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan di alam terbuka. Sebagai pengemban tugas negara melakukan pembinaan terhadap generasi muda, seyogyanya Gerakan Pramuka mendapatkan perhatian dan dukungan sumber daya yang memadai,’’ ujar Jumadi.

Jumadi juga menyampaikan bahwa sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga, Gerakan Pramuka sebenarnya memiliki banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda.

‘’Apabila berbagai kegiatan ini dapat diselenggarakan dengan baik, tujuan Gerakan Pramuka, seperti yang tercantum dalam AD/ART, yakni membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertakwa, cerdas dan terampil serta kuat dan sehat, akan dapat dicapai dengan memuaskan, yang kesemuanya ini apabila dapat diwujudkan pada gilirannya akan berperan sangat signifikan dalam mencegah terjadinya berbagai hal negatif diantara generasi muda,’’ ujar Jumadi.

Muhamad Jumadi juga berpesan kepada anggota yang telah dikukuhkan dan dilantik agar mampu menjaga selalu kode kehormatan Pramuka di pangkalan atau gugus depan. Dan kepada dewan pengurus cabang yang baru buatlah kegiatan yang Inovatif bagi pramuka usia 16-25 tahun atau jenjang SLTA sampai dengan Perguruan Tinggi khususnya di masa pandemi ini.

‘’Serta kepada Pengurus dan Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Tegal Barat, kakak semua adalah anggota badan pengelola pramuka di tingkat kecamatan. Bersifat kolektif kolegial serta memiliki tugas pokok pembinaan kepada Kwartir, Satuan dan Gugus depan dalam pengembangan Gerakan Pramuka, untuk mencapai tujuannya dengan dibantu badan kelengkapan Kwartir Ranting. Maka dari itu bawalah pramuka di wilayah kakak agar eksis menciptakan ruang bahagia bagi pembinaan pramuka khususnya di wilayah Tegal Barat,’’ papar Jumadi.

Selain itu, dimasa pandemi ini, Muhamad Jumadi berpesan kepada Gerakan Pramuka agar berperan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan hidup sehat, penerapan protokol kesehatan.

Top