Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tegal - Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M membuka secara langsung Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Massa Pandemik Covid-19, Kegiatan ini adalah hasil Kerjasama Pemerintah Kota Tegal dengan Polres Tegal Kota Rabu, (13/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST. MM, Sekretaris Daerah Kota Tegal, DR.Drs. Johardi, M.M dan Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo SIK yang juga menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan bahwa krisis selalu memperburuk ketimpangan gender. maka diperlukan langkah-langkah khusus dan konkret untuk menjaga perempuan dalam perang melawan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

Berdasarkan data BPS pada 2019, sebanyak 131 juta jiwa atau hampir setengah dari populasi penduduk Indonesia adalah perempuan. data ini menggambarkan bahwa perempuan merupakan penyumbang setengah dari kekuatan sumber daya manusia bangsa ini.

“Saya ingatkan kepada semua yang hadir di sini, perempuan memiliki kekuatan untuk memerangi covid-19, perempuan secara tidak langsung memiliki pengalaman personal terkait pandemi ini, perempuan yang paling mengerti kesulitan-kesulitan yang dialami dalam keluarga akibat pandemi. Perempuan juga mampu cepat berpikir dan bergerak dengan kekuatannya untuk tidak membiarkan situasi dalam keluarga dipenuhi kepanikan dan keterpurukan dalam masa pandemic,” ucap Walikota mengawali sambutan.

Dirinya juga meminta dukungan dan kerjasama dari semua pihak, untuk membantu Pemerintah Kota Tegal dalam memberdayakan perempuan dan memenuhi hak-hak anak menghadapi pandemi ini, mari bersama-sama kita tunjukkan rasa kemanusiaan dan semangat gotong royong yang tidak akan terkalahkan oleh apapun. Tetap berpikir positif dan semangat, semoga wabah covid-19 segera berlalu, ajak Walikota

“Saya juga mengapresiasi para pelaku UMKM khususnya kaum perempuan, sebab sebagian besar UMKM yang memproduksi hand sanitizer dan masker dimiliki dan dikelola kaum perempuan. data tersebut menunjukan perempuan bukan hanya kelompok terdampak besar wabah ini, tapi juga memiliki peran besar dalam melawan covid-19,” tambah Walikota.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tegal, Mohamad Afin, S.IP, M.SI menyampaikan bahwa Kegiatan Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Massa Pandemik COVID-19 sebagai upaya untuk meminimalisasi dan mitigasi dampak terhadap ekonomi keluarga dan UMKM.

Sedangkan tujuan dan pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain Mendorong peran perempuan didalam pertumbuhan ekonomi keluarga dan meningkatkan kemampuan UMKM untuk dapat berkembang, mendorong pengoptimalan bisnis dan penjualan berbasis digital dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penyelenggara kegiatan ekonomi di masyarakat guna memutus mata rantai penularan COVID-19.

“untuk Peserta Kegiatan Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Massa Pandemik COVID-19 sejumlah 75 Orang peserta yang terdiri dari Unsur OPD, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda Camat, Lurah, Organisasi Perempuan, Pelaku UMKM, dan Perempuan Masyarakat Warga Rusunawa.

Top