Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Ditengah-tengah merebaknya virus covid-19, Bulog Cabang Pekalongan memastikan stok atau ketersediaan beras di gudang dalam kondisi aman manakala diminta untuk ketersediaan beras bagi masyarakat di wilayah kerja Bulog Cabang Pekalongan. Demikian disampaikan Kepala Bulog Cabang Pekalongan, Ari Apriansyah saat dikonfirmasi, Selasa (7/4).

Menurutnya, stok beras Bulog saat ini ada 30 ribu ton, dan jumlah tersebut bisa untuk 6 bulan kedepan. Sampai saat ini belum ada lonjakan permintaan beras, dan masih relatif biasa-biasa saja. Meski ada kasus virus corona, masyarakat juga tidak ada panic buying. Sementara permintaan kepada Bulog sekarang ini baru pada model paket sembako.

Program paket sembako, bukan merupakan program paket gratis, namun ditawarkan kepada masyarakat. Masyarakat boleh membelinya atau tidak.

Dari perkiraan Bulog, jumlah sekitar 30 ribu paket bisa memenuhi permintaan masyarakat khususnya Kota Tegal. Namun antusias masyarakat justru luar biasa hingga mencapai total 40 ribu KK memesan. Dalam paket tersebut ada beras 5 kg, gula 2 kg dan minyak 1 liter. Paket tersebut dikoordinir dari tingkat RT dan RW. Dengan model 2 paket yakni Paket Premium seharga Rp 86 ribu rupiah dengan beras yang dikemas merupakan beras premium dan Paket Medium seharga Rp 76 ribu dengan beras yang dikemas beras jenis medium.

Diakui Ari, ada beberapa paket yang dikembalikan karena tidak sesuai pesanan. Ada yang memesan paket premium namun yang diterima medium. Termasuk kurangnya salah satu isi dalam paket, kita terima dan ditukar atau ditambahi jika ada isinya yang kurang. Namun semuanya sudah tertangani dengan baik.

Terkait dengan masa panen, Ari menjelaskan bahwa sebagian wilayah Jateng dan Jatim saat ini sudah ada yang panen, namun masih bersifat sporadis. Diperkirakan akhir April sampai Mei diprediksikan panen raya. Harga relatif stabil, harga dipasaran Rp 8.100 - 8.300 perkilo. Siapapun bisa datang dan membeli beras di Bulog, seharga Rp 8.100 perkilo di Gudang. Namun jika meminta untuk diantarkan, maka ada biaya tambahan untuk buruh angkut dan akomodasi.

Selain kesiapan stok beras, Bulog juga menyiapkan stok minyak dan gula. Stok kebutuhan pokok akan selalu diupayakan untuk didatangkan dengan harga yang berlaku sesuai dengan HET, untuk gula seharga Rp 12.500 perkilo. Untuk stabilisasi harga gula, Bulog juga siap membantu. 

Top