Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Truk tronton dengan nomor polisi L 8642 UM yang membawa 11 paku bumi mengalami nasib naas, Kamis (19/3) sekitar pukul 10.00. Saat melintas dari arah utara menuju arah barat, persis di lampu merah depan eks-Hotel Pramesti seluruh muatannya terlepas dan terjatuh. Paku bumi yang seluruhnya terbuat dari betonan itu tak ayal jatuh dan menghantam jalan, trotoar dan beberapa bagian pagar bangunan di depan Hotel Pramesti.

Beruntung saat itu tidak ada pengendara kendaraan motor yang melintas didekatnya. Namun kerusakan terjadi di trotoar dan pagar yang terkena jatunya paku bumi tersebut.

Akbar, sopir truk tronton mengatakan dirinya berangkat dari Gresik akan mengantar 11 paku bumi ke wilayah Jakarta tepatnya di Pantai Kapuk. Namun nasib sial menimpanya, karena muatan yang dibawanya terlepas dari ikatan. Padahal menurut Akbar, dirinya sudah seringkali membawa muatan yang sama, dan kerap melintas di kota Tegal dan selalu aman, tak menemui kendala apapun.

Diungkapkan Akbar, bahwa untuk membawa 11 paku bumi dengan panjang masing-masing 10 meter tersebut, sudah diikatkan rantai besi sebanyak 5 lilitan. Namun dibelokkan pertigaan Hotel Pramesti justru terlepas, rantai terputus tak mampu menahan.

Kabid Lalin Dishub Kota Tegal, Ading yang saat itu sedang berada di lokasi mengatakan jika melihat paku bumi yang diangkut dan ikatan rantai yang sudah dililitkan, memang sudah sesuai prosedur. Namun yang perlu diperhatikan oleh supir adalah ketajaman tikungan atau belokkan manakala membawa muatan berat.

Menurut Ading, kemungkinan saat kendaraan atau truk tronton dari arah utara ini berbelok ke kanan di depan Hotel Pramaesti membuat muatan paku bumi bergeser ke kiri, namun karena rantai tak cukup kuat menahan, akhirnya terputus. Beruntung tidak ada warga atau pengendara di lokasi jatuhnya paku bumi tersebut.

Kejadian tersebut juga langsung ditangani personil dari Satlantas Polres Tegal Kota.

Top