Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 Kota Tegal yang dilaksanakan di Kompleks Balaikota Tegal, Sabtu (14/3) ramai dikunjungi masyarakat. Selain menghadirkan hiburan musik, juga stand-stand UMKM berjejer menawarkan berbagai macam kuliner. PQN 2020 yang serentak dilaksanakan disetiap kantor perwakilan Bank Indonesia sebagai gebrakan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang penggunaan dompet digital dengan cara scan barcode atau melalui QR code.

Kepala KPw BI Tegal Taufik Amrozy dalam sambutannya mengatakan ditengah-tengah merebaknya virus corona, digelaran Pekan QRIS Nasional 2020, kita berharap semuanya baik-baik saja dan sehat sedia kala. BI sebagai bank sentral yang memiliki salah satu tujuannya yakni menstabilkan rupiah. PQN adalah acara yang serentak dilaksanakan di seluruh kantor perwakilan BI seluruh Indonesia.

PQN sebagai sosialisasi dan gebrakan kepada masyarakat tentang uang digital atau deposit pada berbagai aplikasi menggunakan smartphone, untuk transaksi pembayaran. Anak muda sekarang ini sudah mulai ramai menggunakan aplikasi-aplikasi pembayaran. Dengan scan barcode mereka sudah bisa melakukan transaksi pembayaran. Ini menjadi komitmen BI, untuk mengawal rupiah, menjaga kedaulatan rupiah, melalui QRIS. Semua aplikasi buatan perusahaan-perusahaan luar negeri, harus mengikuti sistem pembayaran melalui QRIS.

Jadi menurut Taufik, perputaran transaksi pembayaran tetap masuk ke Indonesia termasuk keamanan data-data konsumen tetap terjaga di negeri kita sendiri. Bukan malah sebaliknya, masyarakat hanya menjadi penonton ditengah-tengah maraknya platform digital dari luar negeri. Satu barcode QRIS sudah bisa untuk berbagai aplikasi pembayaran.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan QRIS ini semacam dompet elektronik yang menjadi produk unggulan karena ini merupakan produk asli Indonesia. Jadi semua sistem dan transaksi dari dan untuk Indonesia, bukan sebaliknya kita sebagai masyarakat justru terlena menggunakan produk-produk aplikasi dari perusahaan luar. Walikota berharap ke depan dapat semakin maju, berkembang dan semakin baik.

Pada PQN diberikan bantuan secara simbolis untuk masjid, gereja, universitas dan UMKM.

Top