Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

IMG-20200208-WA0001Tegal Kota_Dengan memakai pakaian khas etnis Tiongh Hoa, Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE,MM menggotong tandu Tao Pe Kong Jumat (08/02). Dewa keberkahan di kirab menuju Pelabuhan Tegal untuk menjalani proses ritual persembahyangan. Kirab tandu patung dewa yang disebut Tao Pe Kong dikeluarkan dari Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal agar para dewa yang berada di langit turun memberi berkah bagi pengikutnya.

Di prosesi sembahyang seluruh patung dewa berjumah lebih dari 10 diarak menggunakan tandu oleh ribuan warga Tiong Hoa termasuk Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM. Bagi umat Tiong Hoa prosesi sembahyang ini wajib dilaksanakan untuk menghormati tokoh suci masyarakat Tiong Hoa yang hidup di Kota Tegal pada tahun 1740 bernama Tek Hay cin Jien.

Arak arakan dengan menggotong Tao Pe Koang adalah prosesi mengarak keluar sejumlah tandu atau joli dari klenteng agar para dewa yang berada di langit turun memberi berkah bagi para pengikutnya.

Panitia kirab Tjio Hok Pin menyatakan kirab Tao Pe kong dilaksanakan dalam perayaan Yen Siao dengan maksud para dewa menyambut malaikat yang datang dipercaya memberikan keberkahan karena secara kepangkatan Yen Siao adalah utusan Tuhan. “Masyarakat yang datang dan ikut dalam prosesi sembahyang bisa meminta berkah kerahayuan kepada Yang Maha Kuasa" ujar Tjio Hok Pin.

Selain itu prosesi sembahyang dilakukan di Pelabuhan Tegal karena tokoh Tek Hay Cin Jien dipercaya pernah bersandar di lautan Tegal. Tek Hak Cin Jien pernah berjasa kepada masyarakat Tegal karena telah membantu membangun daerah dengan mengajarkan cara bertani dan menjadi nelayan. Karena kebaikanya, etnis Tiong Hoa mengganggap Tek Hay Cin Jien setara dengan dewa.

Setelah beberapa dewa disusun menghadap ke laut, sambal memegang hio sembahyang Thay Kwan Tay Tee dilakukan. Warga Tiong Hoa berharap para dewa laut dan bumi akan memberikan kesejahteraan dari tahun tahun mendatang.

Top