Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

kota pusakaTegal Kota_Kota pusaka adalah kota yang memiliki kekentalan sejarah yang besar berisikan keragaman pusaka alam, budaya baik ragawi dan tak ragawi serta saujana. Kota Tegal yang memiliki puluhan bangunan cagar budaya menarik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tegal mengadakan sosialisasi kota Pusaka Kota Tegal. Sosialisasi dilaksanakan di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal Kamis (12/12) dengan menghadirkan dua narasumber.

Kabid Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Tegal, Agus Martanta mengatakan sosialisasi kota pusaka dilakukan sebagai upaya pemerintah berkoordinasi untuk melestarikan aset pusaka di Kota Tegal yang memiliki rekam jejak sejarah bangsa sehingga dari aspek hukum aset-aset pusaka tersebut kedudukannya sangatlah penting dan harus dijaga kelestariannya. "Hal tersebut dapat diwujudkan dengan mendorong penyusunan perencanaan penataan Kota Pusaka dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan tokoh masyarakat" ujar Agus.

Sementara itu Sulistyono salah satu narasumber mengatakan Aset Pusaka di Kota Tegal tidak hanya di miliki oleh pemerintah / pemerintah daerah tetapi juga aset pusaka yang dimiliki oleh swasta atau masyarakat sehingga keterlibatan pihak swasta sangatlah penting. Kepedulian pelestarian terhadap aset-aset puasaka budaya serta bangunan cagar budaya tersebut sekaligus mewujudkan kota yang aman, nyaman serta dalam pengembangan program Kota Pusaka menjadikan Kota Tegal yang produktif berkelanjutan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sulistyono juga meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat supaya melestarikan bangunan bangunan lama khususnya cagar budaya agar anak cucu tidak kehilangan sejarah bangunan dan fisiknya. 

Top