Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Bandung - Jadi Narasumber dalam ASEAN Smart Forum pada rangkaian kegiatan Goesmart 2019 : Smart Cities Week di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung. Rabu (20/11). Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, ST.MM memaparkan konsep pembangunan Kota Tegal yang ramah lingkungan serta pemanfaatan teknologi informasi pada layanan publiknya.

Dalam kesempatan tersebut dihadapan berbagai delegasi dari negara ASEAN termasuk delegasi Jepang, Jumadi menjelaskan bahwa pembangunan Kota Tegal melalui pemanfaatan teknologi informasi pada layanan publik nya saat ini sedang menggeliat. Namun tidak hanya itu saja kata Jumadi, Pemerintah Kota Tegal juga saat ini sedang "concern" terhadap pembangunan ramah lingkungan.

Kepada seluruh peserta hadir Jumadi bahkan memaparkan rencana pemanfaatan sampah plastik yang akan digunakan sebagai campuran aspal di Kota Tegal. Terkait perubahan iklim, dibuktikan Pemerintah Kota Tegal dengan telah dibangunnya Rusunawa Hemat Energy di Kota Tegal serta rencana pembangunan Rusunawa Low Carbon yang merupakan proyek penelitian antara Jepang dan Indonesia terkait pembangunan infrastruktur rendah karbon untuk mendukung Paris Agreement 2030 dimana seluruh negara di dunia harus mengurangi emisi karbon nya.

Adapun dalam rekomendasinya yang disampaikan ke delegasi ASEAN usai paparan, Jumadi kemudian memberikan konsep bahwa membangun sebuah kota atau negara harus dengan memperhatikan lingkungan selain tetap memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi di layanan publiknya.

Jumadi berujar bahwa pemanfaatan Teknologi Infromasi agar dalam sebuah pemerintahan tercipta satu data besar (Big Data) yang terintegarsi sehingga dapat dengan mudah digunakan pemangku kepentingan maupun pembuat kebijakan apabila dibutuhkan.

Sementara itu, menanggapi apa yang disampaikan Jumadi, Prof. Zulfikar Amir dari Nanyang Technological University Singapura mengatakan bahwa walaupun dirinya belum pernah mengunjungi Kota Tegal, namun dari apa yang dipaparkan wakil wali kota Tegal terlihat Kota Tegal memiliki kemajuan pesat dalam hal pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan serta maju dalam pemanfaatan teknologinya. Selain mengungkapkan apresiasinya atas kemajuan Kota Tegal, dirinya juga ingin melihat lagi berbagai inovasi lain yang dilakukan Pemerintah Kota Tegal kedepan.

Selain Walikota Tegal, turut menjadi pembicara dalam event tersebut Prof. Zulfikar Amir dari Nanyang Technological University Singapura, Prof. Dr. Prasoong Pranetpolgrang dari The Engginering Institute Of Thailand. Prof. Ir. Haryo Winarso dari ITB, Head Of ITU area Jakarta Dr. S. Ismail Shah, Kepala BPPT Dr. Ir. Hamam Riza, M.Sc serta Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika(STEI) ITB Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M. Eng

Top