Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Pemerintah Kota Tegal meluncurkan laboratorium inovasi, Rabu (20/11) di Ruang Adipura Komplek Balai Kota Tegal. Peluncuran itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sugeng Suwaryo mewakili Walikota Tegal Dedy Yon SUpriyono, SE.,MM.

Hadir Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, ST, jajaran Forkompinda, Kepala Pusat kebijakan dan Kajian Lembaga Administrasi Negara Widi Novianto, jajaran Staf Ahli, Asissten, Kepala OPD, Camat, Lurah dan lainnya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal Ismail Fahmi dalam laporannya mengatakan Laboratorium Inovasi diselenggarakan sebab masih kurangnya perangkat daerah menciptakan inovasi dalam penyelengggaraan pelayanan publik.

Ismail Fahmi merinci dalam dua tahun terakhir keikutsertaan OPD dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tegal pada tahun 2018 sebanyak 15 OPD dan 15 proposal inovasi. Sedangkan pada tahun 2019 diikuti oleh 10 OPD dengan 12 proposal inovasi.

Pemenang pada tahun 2018 Juara 1 Disdikbud dengan inovasi “LADIS SONG MALAM - Layanan dengan Inovasi Simultan bagi Pengasong dan Masyarakat Lansia Terminal”. Juara 2 RSUD Kardinah dengan inovasi “POTRET - Pelayanan Optimal Tuberculosis Resisten Obat”. Juara 3 DPMPTSP dengan inovasi “Layanan SAKLAR - Layanan Sedina Langsung Kelar dalam Penerbitan Dokumen Perijinan Tertentu”

Pemenang pada tahun 2019 Juara 1 Dinas Kesehatan dengan inovasi “SIGASIK - Sistem Informasi Keluarga Sehat Terintegrasi dengan Sistem Informasi Kesehatan”. Juara 2 Disdukcapil dengan inovasi “LASKAR DEN BAGUSE - Layanan Langsung Kelar dengan Baik Gesit Mutu Sinergis”. Juara 3 Disnakerin dengan inovasi “LAPUR SI JAJA - Layanan Paripurna untuk Siap Kerja dan Menjadi Sejahtera”,

“Adanya Laboratorium Inovasi diharapkan dapat menumbuhkan semangat berinovasi bagi penyelenggara pelayanan publik di Kota Tegal,” ungkap Ismail Fahmi.

Widi Novianto Kepala Pusat kebijakan dan Kajian Lembaga Administrasi Negara mengatakan Laboratorium Inovasi dirancang untuk memunculkan gagasan inovasi batu di Kota Tegal. Untuk memunculkan gagasan inovasi maka perlu 5D + 1 yaitu Drum Up (menginspirasi untuk komitmen berinovasi); Diagnose (menggali ide-ide inovasi untuk mewujudkan visi atau impiannya).

“Diagnose menggali inovasi apa yang akan dilakukan dan bisa jadi memperbaiki inovasi yang sudah ada. Tahapan ini paling krusial sebab akan menuliskan gagasan-gagasan untuk Pemkot Tegal. Dalam menggagas inovasi dapat melihat isu isu strategis di lingkungan Pemkot Tegal,” ujar Widi.

Kemudian, kata Widi, Design (merancang rencana aksi inovasi yang komprehensif); Deliver (melaksanakan inovasi secara fokus dan konsisten); Display (menyampaikan progres dan manfaat inovasi kepada Stakeholder); dan Documentation (mendokumentasikan kegiatan (inovasi) dengan baik).

Pada kesempatan tersebut Widi mendorong inovasi di tingkat kelurahan. Inovasi tidak hanya tata pemerintahan, pelayanan publik saja, tetapi juga inovasi lainnya dalam mendorong pembangunan di Pemkot Tegal.

Sementara itu, dalam sambutannya Walikota Tegal Dedy Yon SUpriyono, SE.,MM. dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sugeng Suwaryo menyampaikan inovasi menjadi kata kunci untuk meningkatkan keberhasilan visi dan misi Pemerintah Kota Tegal.

Walikota mengungkapkan satu kebanggaan dapat bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dalam rangka pelaksanaan laboratorium inovasi. Karena melalui laboratorium inovasi ini diharapkan akan tercipta lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi perbaikan pelayanan publik di lingkungan Kota Tegal.

“Harapan kami setiap ASN secara individu maupun perangkat daerah secara kelembagaan, dapat terus menjadi inovator-inovator dan kreator-kreator yang handal, yang bisa menciptakan inovasi-inovasi berarti, guna meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat Kota Tegal,” pungkas Walikota.

Top