Pemerintah Kota Tegal

Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera dan Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Tim Sekolah Sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Kota Tegal, Rabu (11/13) di TK Elkana, Jalan MT Haryono Kota Tegal. TK Elkana masuk enam besar kategori sekolah sehat mewakili Kota Tegal. Tim terdiri dari perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Biro Kesra Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Kemenag Provinsi Jawa Tengah

Tim disambut Bunda PAUD Kota Tegal dr. Roro Kusnabilla Erfa, Duta Literasi Kota Tegal Dyah Probondari, perwakilan Disdikbud Kota Tegal, Dinkes Kota Tegal, Himpaudi, IGTKI, para guru dan siswa TK Elkana dan lainnya.

Kepala Sekolah Catur Winarsih menyampaikan beragam kegiatan pendukung dilakukan pihaknya untuk mendukung sekolah sehat. Seperti pemeriksaan kesehatan gigi, dokter kecil, pengukuran tinggi dan berat badan, lingkar kepala dan ketajaman mata, pemeriksaan kuku dan Jumat bersih.

Selain itu, menggosok gigi sebagai pembelajaran, cuci tangan sebelum anak-anak makan, senam dan kelas yoga. “Halaman sekolah kami coba ditanami dengan sistem hidroponik berupa sayuran. Biasanya sayuran panen dalam waktu satu bulan. Kami juga terdapat apotik hidup dan ruang UKS,” kata Catur.

Bunda PAUD Kota Tegal dr. Roro Kusnabilla Erfa mengucapkan selamat datang kepada tim penilai. Kunjungan tim sekolah sehat, kata Bunda Baca, tentu hal yang positif untuk memberi motivasi sekolah lain di Kota Tegal.

“Penanaman sikap sehat bisa dilatih sejak dini mulai dari taman kanak-kanak sehingga nantinya bisa melatih anak tumbuh tanggung jawab akan kebersihan, keindahan dan kesehatan sejak dari usia dini,” ungkap dr. Roro Kusnabilla.

Menurut dr. Roro Kusnabilla, indikasi sekolah sehat bisa dilihat pertama kali dari toilet sekolah. Jika resik (bersih) maka bisa dipastikan lingkungan sekolah yang lain bersih dan indah. Kemudian, perilaku sehat manusia didalamnya menjadi cermin selanjutnya.

Sementara itu, Perwakilan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Provinsi Jawa Tengah Herry mengatakan pihaknya akan melakukan penilaian ditiga lokasi yakni sekolah, Sekretariat Pembina UKS tingkat Kecamatan dan tingkat Kota Tegal.

Menurut Herry sekolah sehat tidak bisa meninggalkan unsur Trias UKS, tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS, meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

Herry berpesan agar sekolah harus bernuansa bersih dan sehat. Bapak guru dan semua warga sekolah bertanggung jawab atas kesehatan dan kebersihan sekolah dengan perilaku hidup bersih dan sehat. “Perilaku hidup sehat juga harus diterapkan pada anak didik sejak dini. Diharapkan generasi penerus berjiwa sehat dan bermental kuat,” pungkas Herry.

Top