Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawah dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah semakin meningkat. Kondisi sekarang ini sudah dinyatakan sangat serius dan harus segera diberantas. Perlu diketahui dari data yang ada, jumlah korban meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba di Indonesia setiap tahun mencapai 15 ribu jiwa. Tercatat jumlah terbanyak penyalahgunaan narkoba di Indonesia didominasi oleh kaum pekerja, mencapai 70% dari jumlah penduduk. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng, Susanto SH kepada Mahasiswa di kota Tegal, Selasa (25/3) diRuang Rapat PKK Lantai II Kompleks Balaikota Tegal.

Menurutnya, dari kaum pekerja yang mencapai 70% sedikitnya pekerja berusia 14-25 tahun sebanyak 40% disusul kaum Mahasiswad dan Pelajar 22%, Rumah Tangga 6%, Wanita Penjaja Seks (WPS) dan Anak Jalanan mencapai 2%. Dari temuan inilah BNN akan terus mnggalakkan sosialisasi dan upaya pemberantasan. Pasalnya tidak sedikit kerugian yang ditanggung negara mencapai trilyunan rupiah.

Sementara dengan adanya sosialisasi dan selanjutnya pembentukan kader menjadi upaya strategis dan relevan. Tidak hanya itu, termasuk upaya penyelamatan korban penyalahgunaan narkoba diupayakan untuk mendapatkan penanganan rehabilitasi. Sebab jika korban penyalahgunaan narkotika dikenai sanksi kurungan maka tidak akan menyelesaikan masalah, namun hanya menambah masalah. Justru sebaliknya, para pengedar, produsen narkoba harus dikenai sanksi seberat-beratnya.

Pemateri lain yakni Dokter dari RSU Kardinah, dr Tri Setyo N Sp KJ mengatakan dalam dunia kedokteran, narkotika digunakan untuk kepentingan medis. Tentunya dengan takaran yang sudah disesuaikan dan dianjurkan. Namun kini sudah disalahgunakan, diedarkan dipakai secara berlebihan sampai memakan korban yakni para pecandu dan penyalahguna narkotika. Selain merusak kesehatan terutama susunan syaraf, juga menyebabkan ketergantungan karena mengandung zat adiktif.

Dalam waktu dekat di kota Tegal akan disediakan ruang rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.Rencananya akan dibuka di RS Mitra Siaga dan RSU Kardinah. Dengan adanya layanan tersebut diharapkan dapat menangani temuan korban atau pasien adiksi yang ada di Tegal dan sekitarnya.

Top