Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Walikota Tegal saat mendampingi Tim Penilai meninjau Puskesmas, Kamis (11/9)Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Tahun 2014 meverifikasi Puskesmas Tegal Selatan, Kamis (11/9), kemarin. Puskesmas Tegal Selatan masuk tiga besar nasional puskesmas berprestasi bersaing dengan dua puskesmas lainnya untuk memperebutkan puskesmas berprestasi untuk kategori wilayah kerja perkotaan.  Verifikasi lapangan ini adalah tahap keempat dari rangkaian tahap penilaian puskesmas berpertasi tingkat nasional.

“Terdapat 9 puskesmas yang tahun ini mendapat berkesempatan memperebutkan gelar puskesmas berprestasi. Yaitu tiga puskesmas untuk setiap kategori untuk wilayah kerja perkotaan, tiga puskesmas katogeri pedesaan dan tiga puskesmas terpencil,” ungkap Ketua Rombongan Tim Penilai Rosita Panjaitan SKM MKM dalam sambutannya saat diterima Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno yang didampingi Wakil Walikota Tegal Drs Nursholeh MMPd dan jajarannya di Pringgitan Rumah Dinas Walikota Tegal.

Tim Penilai terdiri dari seorang pakar yakni dr Sri Hastuti Nainggolan MPH dan empat anggota tim lainnya. “Tim sudah dibagi sesuai dengan instrumen yang sudah kami kirimkan ke Puskesmas Tegal. Penilaian antara lain manajemen, inovasi dan mutu,” ungkap Rosita . Disebutkan Rosita, tim penilai bekerja dalam dua hari yakni Kamis (11/9) dan Jumat (12/9). Tim pertama bekerja di ruang puskesmas dan tim kedua di lapangan.

Untuk hari Kamis, selain melakukan penilaian di Puskesmas, Tim penilai melakukan kunjungan ke Kelompok Lanjut Usia di RW 08 Kelurahan Randugunting, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Tegal di Jalan Merpati Randugunting dan di Puskesmas Pembantu Kelurahan Debong Kulon.

“Penilaian ini untuk memperoleh gambaran yang sebenarnya,” ungkap Rosita. Disebutkan Rosita, Penilaian Puskesmas Berprestasi tahun ini menginjak tahun ke tiga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan nasional ke-50. Penilaian Puskesmas Berprestasi dirancang sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas.

“Dengan memberi pengakuan dan penghargaan untuk puskesmas yang telah berupaya melaksanakan pelayanan kesehatan. Termasuk upaya meningkatkan upaya peran masyarakat dan peran lintas sektor serta dalam mendukung pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya melalui berbagai kegiatan inovasi. Dari kegiatan ini akan diperoleh gambaran kepatuhan puskesmas terhadap SPO yang dibuat, gambaran upaya promotif dan preventif melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya,” jelas Rosita.

Rosita juga menyebutkan, gambaran kemampuan puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat primer di era JKM. Adalah puskesmas yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menuju terwujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno saat menyambut tim penilai mengatakan tujuan pemerintah adalah menjadikan masyarakatnya sejahtera. Pemerintah Kota Tegal dengan visi mensejahterakan masyarakat dengan berbasis pelayanan prima berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tegal berupaya meningkatkan kinerja dan layanan semua puskesmas di Kota Tegal,” ungkap Walikota.

Kota Tegal pernah meraih berbagai penghargaan di bidang kesehatan. Antara lain Citra Pelayanan Prima untuk Puskesmas Margadana tahun 2010, Tenaga medis teladan Nasional tahun 2011 atas nama drg Agus Dwi Mulyantoro, tenaga medis teladan II provinsi Jawa Tengah 2013 dan 2014 dan tenaga paramedis teladan III provinsi Jawa Tengah untuk tahun 2013 dan 2014, tahun 2012 Pelaksana terbaik kedua Posyandu tingkat nasional, tahun 2013 meraih pelaksana terbaik II PHBS Kelurahan Tegalsari dan awal 2014 Kota Tegal berhasil meraih penghargaan tertinggi atau Upakarti Utama pelaksana terbaik PKK KB kesehatan tingkat Nasional.

Top