Pemerintah Kota Tegal

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional, Akuntabel, Berwibawa dan Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi

Peta Kota TegalSelayang pandang

Pemerintah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Telp : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Change Language

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Peredaran Narkoba yang sudah mewabah dikalangan pelajar membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak tinggal diam. Upaya Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba P4GN dilakukan dari mulai lingkungan pelajar dengan sosialisasi maupun pembentukan kader.

Bertempat diRuang Rapat PKK Lantai II Kompleks Balaikota Tegal, Rabu (19/3) BNN Provinsi Jateng membentuk Kader P4GN Di Lingkungan Sekolah.

Kepala BNN Provinsi Jateng melalui Kabid Pencegahn BNN Propinsi Jateng, Susanto SH MM mengatakan, semakin banyaknya korban penyalahgunaan Narkoba, membuat jajaran BNN bertekad memberantas peredarannya, salah satunya dengan sosialisasi dan pembentukan kader-kader baik ditingkat pelajar, mahasiswa maupun masyarakat. Pasalnya, tugas memberantas dan memerangi Narkoba tidak hanya tugas Kepolisian dan BNN saja tetapi menjadi tugas bersama. Dengan langkah ini diharapkan menghapuskan Narkoba dari bumi Indonesia.

Pembentukan kader juga bagian dari rangkaian acara Sosialisasi P4GN yang telah dilaksanakan sejak kemarin (18/3). Menurut Susanto, pelajar perlu mendapatkan pengetahuan tentang Narkoba. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghindari Narkoba serta mampu menyadarkan korban penyalahgunaan Narkoba.

Sesuai dengan namanya yakni Kader merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kemauan untuk berpartispasi melaksanakan hak dan tanggung jawabnya dalam upaya pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan dalam hal ini Narkoba.

Dijelaskan Susanto, pembentukan kader juga sudah tertuang dalam Pasal 104, 105, 106 UU No 35 Tahun 2009. Adanya kader juga salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang diharapkan tercipta lingkungan yang bebas Narkoba. Hal ini menjadi sangat penting karena pelajar turut mengawasi, mewaspadai dan menghindari Narkoba.

Kader menjadi kepanjangan tangan dari BNN karena dapat melakukan upaya desiminasi informasi, advokasi, pemberdayaan alternatif dan penjangkauan penyalahgunaan narkoba. Mereka juga dapat melaporkan dan memberikan informasi terkait Narkoba dan tugas-tugasnya dilindungi oleh hukum yang sudah diatur dalam undang-undang. Dalam menangani pecandu atau korban penyalahgunaan Narkoba sebisa mungkin diupayakan mendapatkan perawatan rehabilitasi dengan pendekatan konseling.

Sementara sebelum dibentuknya Kader P4GN, para peserta mendapatkan pengetahuan tambahan dari pemateri yakni Psikolog, Andriyanti dan dr Tri Setyo Nugroho dari RSU Kardinah Kota Tegal. Rencananya besok (20/3) 30 siswa SMA/ Sederajat di kota Tegal yang telah berkomitmen menjadi kader P4GN akan dilatih diskusi kelompok dan presentasi.

Top