Government Tegal City

The realization of the Prosperous Tegal and Dignity-Based Service Excellence

Map Tegal City

Government Tegal City
Jl. Ki Gede Sebayu No. 12 Tegal
Phone : 0283 355137, 0283 355138 Fax : 0283 353673
e-mail : info@tegalkota.go.id

Rubah Bahasa

Menu
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal memusnahkan 3468 lembar surat suara Pilwalkot yang rusak di Percetakan PT. Pura Barutama, Kabupaten Kudus. Kamis (31/5). Dalam pemusnahan tersebut KPU didampingi Pejabat Sementara (PJS) Wali Kota Tegal Achmad Rofai, Komisioner Panitia Pengawas (Panwas) Pilwalkot Tegal Iman Tofani beserta Desk Pilkada 2018.

Dalam Kesempatan Tersebut, PJS. Wali Kota menyampaikan bahwa pihaknya selaku wakil dari Pemerintah Kota Tegal turut berkomitmen untuk kelancaran pelaksanaan Pilwalkot Tegal 2018, yang salah satunya memastikan sisa suara yang rusak benar-benar dimusnahkan. Dan saat ini pihaknya bersama KPU Kota Tegal, Panwas Kota Tegal beserta OPD terkait menyaksikan secara langsung pemusnahan surat suara yang rusak akibat gagal cetak.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan pemusnahan sisa cetak surat suara yang rusak. Menurut Agus Wijanarko surat suara dimaksud adalah surat suara yang gagal cetak, warna hasil cetakan tidak sama dengan speciment, ada titik noda di kertas suara dan beberapa kegagalan lain.

Agus menjelaskan bahwa untuk Pilwalkot Tegal 2018, KPU Kota Tegal memesan sebanyak 205.703 surat suara dan untuk surat suara pemilihan ulang sebanyak 2000 lembar. Sedangkan pemusnahan ini dilaksanakan agar tidak disalahgunakan, oleh karena kertas suara tersebut berada di percetakkan PT. Pura Barutama maka pemusnahan dilaksanakan di PT. Pura Barutama Kabupaten Kudus dengan di saksikan PJS. Wali Kota dan Panwas Kota Tegal.

Agus Wijanarko menambahkan pencetakan surat suara sudah dimulai dari Senin (28/5) dan selesai dan dikirim ke KPU Kota Tegal Rabu (30/5), sedangkan rencana pelipatan sudah dimulai, dan diperkirakan selesai Jum’at (1/6).

Sementara itu, salah satu Komisioner Panwas Kota Tegal yang hadir dalam acara pemusnahan tersebut, Iman Tofani menyampaikan bahwa pihaknya hadir untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemusnahan kelebihan cetak surat suara yang rusak benar dilaksanakan, agar tidak ada penyalah gunaan kelebihan surat suara.

Manager General Afair PT. Pura Barutama Mulyani menyampaikan bahwa tanpa diminta untuk memusnahkan surat suara yang rusak, pihaknya tetap akan melaksanakan pemusnahan surat suara tersebut, karena itu sudah menjadi Standart Operational Prosedur (SOP) PT. Pura Barutama. Dan untuk apabila terdapat kekurangan pihaknya juga sudah siap untuk memenuhinya.

Top